Home Edukasi Inmemorial Almarhum Prof.Dr.Ir.H.Arief Daryanto MEc

Inmemorial Almarhum Prof.Dr.Ir.H.Arief Daryanto MEc

jurnalinspirasi.co.id – Innalillahi wainna illahi rojiun. Turut berduka cita atas berpulang kerahmatullah sahabat kita yang baik hati
Mas Prof.Dr.Ir.H.Arief Daryanto.MEc/Dosen dan Alumni IPB, Aktivitis ICMI di Bogor, serta supporter setia Armada Group 1780, dan beliau sering tampak hadir penuh akrab di setiap acara reunian angkatan 17 Armada IPB.

Sakit apa Almarhum mas Prof. Dr.Arief Daryanto,? Ngak kedengaran beliau sakit selama ini, beliau sehat-sehat saja. Beberapa waktu lalu, beliau masih sangat aktif bekerja dan berkarya baik.dalam mengarang buku-buku agribisnis, maupun aktif dalam pengelolan pendidikan tinggi di IPB University.

Sehingga saya sungguh kaget dan merasa sedih membaca informasi pertama di WAG Faperta UNIDA pagi ini Rabu 27 September 2023, bahwa mas Arief telah wafat mendahului kita kemaren dalam perjalanan pulang dari kampungnya untuk kembali ke Bogor, setelah menunaikan tugasnya.

Kita sungguh, kehilangan sosok dan seorang vigur, orang baik yang berdedikasi dan berprestasi, yang karya-karya akademiknya telah banyak diwariskan dan dinikmati anak bangsa, tetutama para mahasiswa bimbingannya. Bahkan, saya mendapat informasi bahwa mas Prof.Arief Daryanto menghembuskan napas terakhirnya, ketika berada di Surabaya.

Beliau sedang menunaikan tugas dari almamaternya IPB University. Memang beliau, sejak berakhir masa jabatannya sebagai Dekan Sekolah Vokasi IPB, hingga diakhir khayatnya telah diberi tugas dan amanah oleh Rektor IPB saat ini, memimpin sebuah lembaga otonom Pendidikan dan pelatihan (diklat) para eksekutif untuk pengembangan usaha agribisnis KUKM, maaf jika saya tak salah informasi.

Selama bertugas di Jawa Timur, beliau menyempat diri bersilaturrahmi dengan ibu kandungnya dan sanak keluarga di kampung tempat kelahirannya di daerah Jombang. InsyaAllah hal ini pertanda almarhum Prof Arief orang sholeh yang sangat menghormati, mencintai dan memuliakan orangtuanya semasa hidupnya.

Almarhum mas Arief Daryanto adalah sahabat saya di grup Armada angkatan 17, beliau tamatan TPB IPB thn 1980, kemudian masuk ke Jurusan Sosek Faperta IPB thn 1981. Beliau semasa hidupnya juga menjadi aktifis di ICMI sebagai Dewan Pakar MPW ICMI Orwil Khusus Bogor untuk beberapa periode kepengurusan ICMI, bersama saya.

Di ICMI Bogor, saya selaku Ketua Dewan Pakar mempunyai kenangan indah bersama beliau dan kemudian bernilai sejarah bagi eksistensi ICMI Bogor. Kami membuat program dialog Kepemimpinan Millenial ICMI dalam Rangka Menyambut Era Digital, dengan menyelenggarakan dialog berseri Pod Cats ICMI Bogor thn 2021, menjelang Muktamar ICMI ke 7 di Bandung Jawa Barat.

Mas Prof.Arief Daryanto selaku anggota Dewan Pakar sebagai salah seorang penggagasnya dan mengusulkan beberapa topik bahasan dan nara sumbernya. Beliau sebagai Dekan Sekolah Vokasi (SV) IPB University yang berkampus di daerah Bagunde Kota Bogor, dengan kemurahan hatinya meminjam Studio Fod Cats SV IPB beserta tim krunya dan seorang pewawancara Dosen Ilmu Komunikasi SV IPB mas Willy Bakhtiar SKom.

Beberapa seri dialog terlaksana, setelah pengantar agenda Pod Cats dari saya selaku Ketua Wankar, kemudian diikuti presentasi singkat narsum lk 15 menit dan dilanjutkan wawancara berdurasi lk 45 menit. Nara sumber yg mengisi acara antara lain mas Prof.Arif Satria, alm. mas Prof.Arief Daryanto, bpk Prof.Rokhmin Dahuri, saya sendiri Dr.Apendi.Arsyad, dll, sedang yang bertindak selaku pengelola dan pengendali acara Pod Cats adalah Dr.Zulhamzah Imran, Sekwankar ICMI Orwilsus Bogor periode lalu.

Topik-topik bahasannya cukup menarik, dishating, direkam gambar dan suaranya secara profesional oleh.tim infokom SV IPB. Kemudian file rekaman diupload ke Youtube, maka ide-ide segar dari Bogor untuk Indonesia tentang kepemimpinan millenial ICMI di era Digital, bisa tersebar, tersosialisasi dengan baik dan dapat diakses dengan mudah, terutama oleh kalangan aktivis ICMI se Indonesia pada semua level hirarki organisasi, yakni Orwil, Orda, Otsat dan Batom ICMI di di daerah.

Dampaknya, alhamdulillah misi kami dari Bogor untuk menjadikan Ketua ICMI Orwilsus Bogor, mas Prof.Arif Satria yang kami usung menjadi Ketua Umum MPP ICMI periode 2021-2026 saat ini, alhamdulillah mendapat respon positif di forum Muktamar ICMI ke 7 Desember 2021 di Bandung.
Alhamdulillah berkat ridho Allah, mas Prof.Arif Satria terpilih secara demokratis menjadi Ketua Umum MPP ICMI.

Subhanallah, jujur saya berkata bahwa kesuksesan ICMI Bogor berkontribusi dan berperan untuk mengakselerasi suksesi kepemimpinan ICMI Nasional di forum Muktamar tsb, adalah salah kontributor ide briliyannya adalah sahabat saya alm Prof.Arief Daryanto.MEc.

Saya mengenalnya dengan.baik, bahwa almarhum.adalah orang baik, pendidik yang sukses,.memiliki kemampuan kepemimpinan dan managerialnya yang sangat baik, bekerja profesional dan penuh tanggungjawab, sehingga sukses mengembangkan sejumlah program studi di Sekolah Bisnis dan Sekolah Vokasi IPB University sbg Dekan sekaligus sebagai Dosen.yang.bertugas melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Secara objektif saya melihat kedua institusi pendidikan tinggi tersebut/ Fakultas atau Sekolah tersebut tampak maju pesat. Beberapa prodinya juga dikembangkan di daerah lain, diluar Bogor seperti program Sekolah Vokasi di Sukabumi, melalui kerjasama dengan Pemda Jawa Barat.

Orangnya, insyaAllah… sholeh..bergaul ramah antar sesama, berbicara santun, orangnya pemikir dengan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif, pokoknya mas Arif yang saya kenal memiliki “good character”.

Saya tak akan lupa dalam ingatan saya, bagaimana santunnya dan bernasnya pemikiran almarhum sekaligus mengappresiasi dalam merespon tulisan-tulisan saya AA di WAG Wankar ICMI Orwilsus Bogor dan atau WA japri, ada feedback dan muncul perspektif baru dalam cara pandang almarhum sebagai orang terpelajar. Dan beliau aktif merespon setiap tulisan saya tentang kritik sosial kemasyarakatan, termasuk issu-issu/persoalan atau permasalahan kebangsaan dan kenegaraan, yang saya share kepada beliau melalui WA japri dalam durasi waktu tidak terlalu lama, beliau membalasnya.

Alhandulillah, beliau di awal thn 2023 ini, semasa hidupnya telah mewakafkan tanah miliknya untuk pengembangan dakwah Islam dan ponpes Tahfiq Al Quran, lahannya berlokasi di daerah Lw Sadeng Lw Liang Bogor Barat, bersama Prof.Arif Satria, Rektor IPB University, yang juga Ketua Umum ICMI Pusat.

Alhamdulillah, pada saat peresmiannya, saya hadir, dan ikut meletakan batu pertama pembangunan masjid dan sarana-prasarana pendidikan Ponpes Tahfiq ICMI tersebut. Lokasinya ponpes, terletak di kawasan pegunungan Bunder yang sejuk dan subur dengan aneka vegetasi dengan fanorama alam perbukitan yang indah.

Dengan wakaf tanah atas nama keridhoaan Allah SWT, akan melipatkan pahalanya untuk kemudahan menempuh jalan menghadap Sang Khalik Allah SWT. Almarhum memiliki bukan saja kecerdasan intelektual, tetapi juga kuat dalam kemampuan kecerdasan spiritual, bahwa rezeki yang abadi yang akan dinikmati beliau pada hari akhirats/kehidupan setelah mati adalah harta yg diwakafkan untuk menjaga dan membela marwah agama Allah, DinnulIslam di muka bumi.

Semoga alm pak Prof.Arif Daryanto, wafat dalam keadaan husnul khotimah dan insyaAllah dimasukan ke dalam golongan orang-orang yang sholeh, ditempatkan di syurgajannatunnaim. Aamiin3 YRA. Dan keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran.dan tawaqqal illallah.

Al Fatihah
Allahumaghfirlahu warhamhu, waafii wakfuanhu.
Semoga Allah SWT memberkahinya.
Syukron barakallah.

Wassalam
====✅✅✅
Penulis:
Dr.Ir.H.Apendi Arsyad,M.Si
(Dosen/Pendiri UNIDA, Pendiri/Ketua Wanhat ICMI Orwilsus Bogor, Konsultan, Pegiat dan Pengamat Sosial)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version