30.6 C
Bogor
Wednesday, July 24, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Terjadi Longsor, Pemdes Curugbitung Fokus Bangun TPT

Selain TPT, Samisade Juga Dialoksikan Bangun Drainase

Nanggung l Jurnal Bogor
Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) bantuan insfrastruktur keuangan melalui  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diterima Pemerintah Desa Curugbitung, Nanggung, Kabupaten Bogor difokuskan pada pelaksanaan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan pembangunan drainase.

Kepala  Desa Curugbitung Lukmanul Hakim menerangkan, satu titik dibangunnya Tembok Penahan Tanah (TPT) yakni di Kampung Gunung Leutik di lingkungan RW 01.

Pembangunan TPT itu mencakup RT 02 dengan RT 03 seiring pemanfaatan Samisade dari APBD Kabupaten Bogor. Hal ini mengingat Curugbitung salah satu desa  yang pernah diterjang longsor seperti kejadian pada awal tahun 2020 lalu.

“Dibangunnya TPT sebagai upaya Pemerintah Desa Curugbitung untuk mencegah terjadinya longsor. Maka itu, Samisade tahap pertama kami fokuskan bangun TPT,” kata Lukmanul Hakim kepada Jurnal Bogor, Minggu (17/9).

Tak hanya itu, pembangunan TPT di sepanjang jalan di Kampung Gunung Leutik itu menuju tempat pendidikan yakni SDN Handayani untuk memberikan kenyamanan karena tak  khawatir akan bahaya longsor terutama pada anak anak yang hendak sekolah.

Dengan demikian, keberadaan TPT selain mengantisipasi terjadinya longsor juga upaya mendukung program pendidikan. Lukmanul Hakim yang akrab dipanggil Maman menjelaskan, program Samisade tahun anggaran 2023 ini selain dibangunnya TPT juga pengerjaan drainase yang merupakan pembangunan sudah pada perencanaan sebelumnya.

“TPT serta perbaikan saluran air pada pelaksanaan drainase selaras dilakukan guna mencegah terjadi longsor maupun banjir ketika dimusim hujan. Maka itu, pembangunan TPT tersebut sebagai bentuk upaya sebelum terjadi musibah longsor,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles