27.1 C
Bogor
Tuesday, June 18, 2024

Buy now

spot_img

Waspada Kemarau, Warga Babakan Kena DBD

Dramaga l Jurnal Bogor
Di tengah musim kemarau yang berkepanjangan bukan hanya sebagianwarga di Kabupaten Bogor kesulitan air bersih, akan tetapi rawan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Seperti yang dialami Denisa (15), warga Cangkurawok, Desa Babakan, Dramaga terkena DBD dan harus dibawa ke rumah sakit.

Kepala Desa Babakan Ahmad Yani mengatakan menindaklanjuti laporan adanya warga yang kena DBD, pihak desa langsung melakukan fogging di wilayah. Sedangkan warga yang kena DBD, sudah dirawat di rumah sakit.

Munculnya kasus DBD saat musim kemarau, diduga lantaran masih adanya genangan air di sekitar pekarangan rumah warga.

Untuk itu pihaknya mendorong agar masyarakat melakukan pola hidup sehat, salah satunya mengubur benda yang bisa menampung air. Harapannya jentik nyamuk tidak berkembang.

“Saat ini Denisa masih menjalani perawatan. Kita juga sudah melakukan fogging di wilayah RW 07 dan 06 yang rawan terjadi penyebaran DBD,” ujarnya, Selasa (5/9).

Yani mengungkapkan Desa Babakan ada satu wilayah endemis diantaranya Babakan Raya (Bara) di RW 07. Untuk wilayah tersebut sudah dilakukan fogging dan masyarakat diminta rutin mengoptimalkan kegiatan pemberantas sarang nyamuk (PSN) dengan 3M plus. Yakni menguras, menutup tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. 

“Sedangkan mengatasi kekeringan yang kerap terjadi di musim kemarau pihak desa sudah membangun Sarana Air Bersih (SAB) di Cangkurawok RW 04,” jelasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles