26.8 C
Bogor
Monday, June 17, 2024

Buy now

spot_img

Lahan Dibeli Perusahaan BUMN, Ratusan Makam di Kalong Satu Dipindahkan

Leuwisadeng | Jurnal Bogor

Ratusan makam di wilayah Desa Kalong Satu, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor dibongkar dan jenazah dipindahkan ke tempat pemakaman umum (TPU) setelah tanah di wilayah itu dibeli salah satu perusahaan BUMN.

Pemindahan jasad tersebut melibatkan tokoh masyarakat setempat yang didampingi para ahli waris dan aparat desa. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Kalong Satu Pelda Zarnidi menjelaskan, pembongkaran makam di wilayah binaannya tersebut atas dasar kesepakatan antara ahli waris dan perusahaan BUMN. Ratusan Jenazah tersebut rencananya akan dipindahkan di dua lokasi.

“Dikarenakan tanah tersebut sudah menjadi milik perusahaan BUMN. Otomatis jenazah harus dipindahkan, sesuai dengan kesepakatan pihak perusahaan dan pihak keluarga ahli waris maka bersepakat makam tersebut direlokasi,” katanya, Senin (4/9/2023).

Dia menjelaskan, pada hari pertama pemindahan, ada 30 jasad selesai dilakukan pemindahan ke TPU Desa Kalong Satu.

“Pemindahan keseluruhannya kurang lebih 200 makam, dengan makam terpisah-pisah. Sebab pemakaman keluarga di masing-masing tempat,” jelasnya.

Terlihat, air mata keluarga tak terbendung saat melihat langsung pemakaman ulang tersebut.

Mobil pickup dari pemakaman awal ke pemakaman umum yang masih di wilayah desa tersebut juga hilir mudik mengangkut jasad-jasad yang sebagian sudah tinggal tengkorak.

“Alhamdulillah dalam proses relokasinya sudah sesuai dengan segala sesuatu yang sudah disepakati. Sehingga tidak ada permasalahan yang tidak diinginkan,” paparnya.

Kata dia, proses pemindahan ratusan jasad tersebut berjalan lancar tidak ada kendala hal-hal yang tidak diinginkan.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles