26.6 C
Bogor
Thursday, June 27, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Stunting, Ratusan KRS di Desa Cigudeg Terima Bantuan Pangan

Cigudeg | Jurnal Bogor
Sebanyak 132 Keluarga Risiko Stunting (KRS) Desa Cigudeg, Cigudeg, Kabupaten Bogor menerima bantuan pangan, masing-masing menerima dua daging ayam ukuran satu ekor dalam bentuk karkas dan 2 tray telur ayam atau sebanyak 20 butir.

Menurut Kasi Kesra Desa Cigudeg, Ahmad Taufikurahman, penyaluran yang dilakukan pihak Kantor Pos Indonesia merupakan penyaluran tahap dua dan tahap tiga tahun 2023 kepada 132 KPM di wilayahnya.

Jadi, masing masing KPM mendapat dua paket bantuan pangan. Dalam satu paket bantuan pangan itu berisi 1 bungkus daging ayam karkas dan 1 tray telur ayam atau sebanyak 10 butir.

“Untuk dua tahap ini mendapat dua kantong ayam karkas atau daging ayam sama dua kantong telur, karena yang tahap pertama itu penyaluran di Kecamatan Cigudeg dan hanya mendapatkan satu paket yang terdiri dari daging ayam dan 10 butir telur,” kata Ahmad Taufikurahman dijumpai disela kegiatan pengaluran di aula Desa Cigudeg, beberapa waktu lalu.

Ahmad Taufikurahman menyampaikan, pada proses pengaluran tersebut para menerima KRS itu membawa KTP asli.

“Untuk persyaratan pengambilan tentu petugas dari PT Pos Indonesia tentunya memerlukan administrasi yang akurat karena menggunakan foto aplikasi, KTP pengambil atau yang mewakilkan harus membawa KTP,” katanya.

Dia menjelaskan, para penerima manfaat merupakan warga yang memiliki anak balita, yang bertujuan sebagai salah satu pencegahan gejala stunting di lingkungan.

“Penerima itu merupakan warga yang memang berhak menerima bantuan karena memang rata rata memiliki anak balita karena kalau kami kan hanya pengguna data sebetulnya,” katanya.

Selain itu, kata dia, di wilayah Desa Cigudeg sendiri sudah menjalankan program untuk menekan gejala stunting. Diantaranya mengimplementasikan program nasional yaitu Zero Stunting.

“Sumber anggarannya dari Dana Desa saja kita sudah anggarkan untuk pemberian makanan tambahan di Posyandu dalam rangka pencegahan stunting itu. Dan itu sudah terealisasi di bulan Agustus 2023 ini. Yang jelas dari 16 titik Posyandu di bulan Agustus ini sudah rata semua memberikan makanan tambahan yang bersumber dari Dana Desa ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Cigudeg, Andy Supriyadi menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah sudah melakukan program pemberian makanan tambahan untuk anak balita sebanyak 1.542 balita di wilayahnya. Sedangkan yang saat ini disalurkan merupakan bantuan pangan dari pusat untuk KPM di wilayahnya.

“Kami setiap bulan juga sering keliling kepada warga berbarengan dengan penimbangan bayi, pemeriksaan posyandu di masing masing lingkungan itu kami selalu menekankan agar ibu yang memiliki balita untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke posyandu,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles