26.8 C
Bogor
Monday, May 20, 2024

Buy now

spot_img

Lakukan Penjelajahan, Kwarran Nanggung Gelar GTM 2023

Nanggung | Jurnal Bogor

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Nanggung, Kabupaten Bogor menggelar Gladi Tangguh Medan (GTM) dengan tajuk “Penggalang tangguh terampil dan berkarakter”, Sabtu (26/08/2023).

Dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung di halaman aula Kecamatan Nanggung tersebut dihadiri oleh unsur mabiran serta ratusan peserta gugus depan (Gudep) se-Kwarran Nanggung tingkat SD/MI dan SMP/MTS.

Ketua Kwarran Nanggung Ondeng Sofwanudin menjelaskan, kegiatan GTM program kerja Kwarran Nanggung pada Agustus 2023. Kegiatan tersebut juga masih dalam rangkaian kegiatan HUT Pramuka ke-62 .

Sama halnya dari Jambore ranting, para peserta melakukan penjelajahan di wilayah Nanggung yang terdiri  dari empat kegiatan. Diantaranya pengisian sandi kemudian ketapel, sumpit dan kegiatan memindahkan suatu benda seperti piring yang diangkat menggunakan tali tambang secara bersamaan.

“Dalam rangkaian kegiatan ini, tadi pagi dibuka dengan apel besar yang dihadiri  unsur mabiran. Sementara peserta dalam bentuk penjelajahan sambil mengasah dan menguji ilmu pengetahuan tentang kepramukaan dan juga scouting skill itu kita lakukan,” katanya.

Melihat situasi kondisi waktu, kata dia kegiatan GTM 2023 diikuti oleh gugus depan se-Kwarran Nanggung  tingkat SD/MI dan SMP/MTS dengan jumlah keseluruhan 90 regu, berlangsung satu hari.

“Kita mengambil waktu singkatnya saja yaitu esensi dari kegiatan ini,” paparnya.

Tak lepas, dia juga bersyukur atas partisipasi peserta didik dalam kegiatan tersebut. Sebab hal itu adalah

bentuk ajang silaturahmi pertemuan, baik para peserta maupun para pembina yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Agustus, dalam rangka mengisi kegiatan hari ulang tahun Pramuka.

Dia berharap generasi muda ada pembinaan-pembinaan sikap dan karakter agar mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi masa-masa yang akan datang.

“Sebagai mana yang kita ketahui di masa yang akan datang harus memiliki jiwa dan sikap sosial, serta tanggung jawab dapat dipenuhi atau dapat dilaksanakan oleh mereka. Yang akan datang maupun saat sekarang,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles