Home News Tiang Listrik Dekat Rumah Bikin Was-was Warga

Tiang Listrik Dekat Rumah Bikin Was-was Warga

Nanggung | Jurnal Bogor

Tiang listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ULP Leuwiliang didirikan di atas tanah milik warga di Kampung Gunung Dahu Wetan, Desa Bantarkaret, Nanggung, Kabupaten Bogor membuat was-was warga. Pasalnya, keberadaan tiang tersebut dinilai warga cukup membahayakan pemilik rumah.

“Kemarin ini didirikannya, dan tidak ada izin juga perihal pendirian tiang ini,” kata salah satu warga Aam, Kamis (3/8/2023).

Aam mengaku tidak bisa tidur semalaman karena memikirkan bahayanya tiang tersebut. Bahkan, pendirian tiang berukuran besar tersebut tidak izin kepada pemilik tanah dan rumah tersebut. Dia menegaskan tidak pernah mengijinkan dibangunnya tiang listrik, namun tiba-tiba sudah dipasang.

“Iya, beberapa warga memang menolak atau tidak memberikan izin perihal pendirian tiang listrik ini,” katanya.

Sementara, salah satu pekerja ketika dikomplain hanya mengarahkan perihal tersebut untuk langsung ke PLN ULP Leuwiliang.

“Kita hanya pekerja disini, dan untuk titik titik mendirikan tiang ini sudah diarahkan. Coba langsung saja konfirmasi ke pihak PLN ULP Leuwiliang,” bebernya.

Melihat hal itu, Ketua LSM Genpar Sambas Alamsyah sangat menyayangkan pihak PLN tidak ada itikad baik terhadap warga atau pemilik lahan tersebut.

“Seharusnya mengedepankan etika terhadap pemilik lahan dalam mendirikan tiang listrik tersebut,” katanya. 

Hal ini, kata Sambas, ada aturan untuk pemasangan tiang listrik di tanah milik orang lain yang sudah jelas diatur dalam pasal 1, 2 dan pasal 3 Perpu no 51 tahun 1960 tentang larangan pemakaian tanah tanpa izin.

“Dalam kejadian ini, harus ada ganti rugi dari PLN kepada pemilik tanah,” bebernya.

Selain itu, Sambas juga akan melakukan upaya hukum, jika tidak ada itikad baik dari pihak PLN.

“Kami akan melakukan gugatan perbuatan melawan hukum terkait adanya peristiwa tersebut, sebagai mana diatur dalam pasal 385 KUHP, dengan hukuman pidana penjara maksimal 4 tahun,” pungkasnya.

** Andres

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version