29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Seputar Karya Inovasi Annisa Hasanah: Ecofunopoly

Oleh:
Dr.Ir.H.Apendi Arsyad, M.Si

Jurnalinspirasi.co.id – Yth kang Ade Syarif, Ketua Dekopinda Kota Bogor / mantan Sekdakot Bogor, sahabat mitra kerja saya yang baik, ketika menjadi Ketua Wandik Kota Bogor 2013-2019, beliau orangnya sangat baik, santun dan banyak membantu.

Hatur nuhun akang Ade Syarief atas respons dan doanya. Selamat mendapat amanah yang baru memimpin gerakan Koperasi Indonesia Kota Bogor.

Perihal, karya inovasi Annisa Hasanah adalah Ecofunopoly, berupa game edukasi lingkungan hidup dan konservasi sumberdaya alam dan penyehatan ekosistem lingkungan hidup. Bahan permainan Ecofun terbuat dari kertas dan material bekas, dan dikerjakan kaum emak-emak (gender empowering) di komunitas kampung.

Isunya solusi pendidikan lingkungan, semula buat anak-anak dan remaja, tetapi sekarang produknya meluas, bukan agenda pengurangi emisi karbon, juga sampah, banjir, konservasi air dan hutan, oil spill, kebakaran hutan, sanitasi lingkungan, dll.

Produk-produk tersebut sponsornya dan kerjasama NGO Nasional dan internasional seperti Bayer-Jerman, Unef PBB, Unesco-PBB, Yeasly Jepang, dll. Ecofunopoly sudah diprodukasi dalam 5 bahasa, yakni Inggris, Jerman, Banglades, Philipina dan Indonesia.

Karya tersebut diciptakan tahun 2012, sudah ber-HAKI tahun 2013 dari Kemenhumham RI, kini sudah dibisniskan dengan marketing online. Sebenarnya sudah lama dan banyak dipublish di media massa seperti HU Kompas, Republika, Pikiran Rakyat, Radar Bogor dll

Juga dihampir pada semua channel media TV di Indonesia beritanya tertayang jelas, melalui wawancara langsung Annisa, CEO/Founder Ecofunopoly. Begitu infomasinya kang Ade Syarief, mantan Sekdakot Bogor kini Alhamdulillah mendapat amanah Ketua Dekopinda Kota Bogor. Sebelumnya juga aktif selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor.

Jujur saya berkata, bahwa Beliau inilah, salah seorang yang dulu mensupport dan memback up saya sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kota Bogor tahun 2013-2019, sehingga berbagai kegiatan Wandik Kota Bogor, terutama kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan beragam topik seperti tolak LGBT, Alm.KH Sholeh Iskandar layak menjadi Pahlawan Nasional, etc dan kumpulan materi FGD tersebut telah saya bukukan.

Kemudian akang Ade Syarif saya minta juga Ikut memberikan sambutan selaku Sekda bersama Walikota Bogor pada buku saya berjudul “Kritik dan Saran Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan Kota Bogor”, IPB Press 602 halaman. Syukron barakallah kang Drs.H.Ade Syarief, MPd, semoga kebaikannya menjadi amal sholeh Aamiin.

Oh ya, Annisa Hasanah Arsyad sekarang sedang melanjutkan studi S3 di Kyoto University Jepang (Perguruan Tinggi terbaik Jepang, Top one), berkuliah sejak tahun 2020 yang lalu, kini tengah menyusun dan menyelesaikan diseratasinya, risetnya di kawasan Puncak Bogor.

Si sulungku studi di Kyoto University atas undangan khusus Pemerintahan Jepang dengan dukungan beasiswa Monbusho -Jepang.

Mhn doanya, semoga Allah SWT memberkahinya. Hatur nuhun appresiasinya berikut pertanyaannya akang soal karya anak kita pada bidang apa? Mohon maaf apabila salah kata, niatnya sekedar berbagi info “succes story” untuk membangun motivasi dan percaya diri.

Saya doakan, semoga akang sehat, sukses dan berbahagia selalu. Jika ada waktu, silakan, bisa jalan ke rumahku yang sangat sederhana di Wangun Atas RT 06 RW 01 No.16 Kel Sindangsari Kecamatan Botim Kota Bogor, sambil kita ngopi, sharing ide, juga bisa lihat “Gallery Ecofunopoly” putri sulungku, yang memang saya rancang masih berbentuk sederhana.

Kehadiran gallery tersebut diharapkan bisa berfungsi sebagai media literasi dan edukasi bagi generasi muda, dan inspirasi bagi para orangtua dalam mendidik putra-putri menjadi kreatif dan inovatif yang memberi banyak manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Syukron. Barakallah, Aamiin

Wassalam.

=====✅✅✅

*) Pendiri dan Dosen Senior Universitas Djuanda Bogor, Konsultan.K/L negara, Pegiat dan Pengamat Sosial

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles