26.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Masih Soal Sertifikat PTSL Desa Sukamakmur yang Belum Juga Beres, Ini Ungkapan Hati Ujang Sunandar

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Kepala Desa Sukamakmur Ujang Sunandar terus menanyakan kepastian sertifikat tanah warga ke BPN Bogor 2. Pasalnya, sudah lebih dari satu tahun program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) warga Desa Sukamakmur tak kunjung selesai, dari 2500 bidang yang harusnya mendapatkan buku sertifikat, baru kurang dari 500 buku yang jadi dan dibagikan kepada warga.

“Saya baru pulang ibadah haji, makanya saya coba untuk kembali menggeber ke BPN Bogor 2, akan kejelasan kapan sertifikat warga saya bisa selesai,” ungkap Ujang kepada Jurnal Bogor, Senin (24/7/23).

Ujang menyebut, untuk dirinya pribadi sangat paham jika memang harus selesai agak lambat. Mengingat, BPN dikejar banyak program dan pembuatan sertifikat itu bukan hanya di Desa Sukamakmur saja.

“Tapi lain halnya dengan warga yang belum tentu mengerti pekerjaan, yang mereka hitung hanya waktu yang sudah sangat lama dan sertifikat mereka belum juga jadi,” cetusnya.

Kemarin saja, sambung Ujang, saat pembagian yang kedua, dengan jumlah 180 buku, informasi dari Sekdes dirinya disambangi beberapa warga yang tidak mendapatkan undangan untuk mengambil buku sertifikat.

“Tidak kisruh saja sudah bagus, maka dari itu saya berharap setiap minggunya ada yang jadi dari berkas-berkas yang sudah kami verifikasi ulang karena masih ada kekurangan syarat,” tandasnya.

Paling tidak, lebih lanjut Ujang mengatakan, jika setiap minggunya buku sertifikat tanah milik warga itu bisa dibagikan, minimal bisa membuat mereka sedikit tenang. Sehingga dirinya pun tidak seperti orang diteror karena setiap ketemu warga itu yang ditanyakan hanyalah kapan sertifikat jadi.

“Sebagai kepala desa, saya jadi beban moral. Betul itu risiko saya menjadi orang nomor satu di desa, tapi saya berharap juga  sertifikat segera selesai, karena yang harus diurus itu masih banyak sekali,” imbuhnya.

“Belum kasus sengketa lahan, belum lagi anggaran BHPRD yang tak kunjung cair. Nasib gaji staf saya yang harus dipikirkan, ditambah pertanyaan-pertanyaan warga soal sertifikat yang gak juga jadi. Rungkad lah, ” pungkasnya.

Sementara, salah satu warga Sukamakmur, Reza menanyakan sebetulnya sistemnya seperti apa, karena ternyata berkas yang sudah diberikan harus dikembalikan lagi dengan alasan masih ada kekurangan. Jika pun ada berkas yang kurang lengkap, seharusnya jangan sampai menahun begini. Karena kejadian seperti ini menandakan kinerja BPN kurang teliti.

“Saya baca di salah satu media yang dishare oleh Pemdes. Statament dengan kenyataannya tidak singkron, diberita itu 1000 buku akan dibagikan, eh taunya cuma 180 buku. Bukan medianya yang saya salahkan, tapi ucapan kepala kantor BPN yang berani mengatakan seperti itu hingga membuat kami berharap,” kesalnya.

Menurut Reza, dia sangat setuju jika ada kegiatan pembagian buku sertifikat di setiap minggunya. Karena dengan begitu lambat laun bisa terselesaikan. ” Biarin ratusan juga yang penting dibagiin, lama-lama kan beres itu,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles