29.6 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Lagi-lagi Banyak Ikan Mati di DAS Cikaniki Nanggung Diduga Akibat Pencemaran Limbah

Nanggung l Jurnal Bogor

Ikan jenis Regis dan ikan Parai terlihat mati dan mengapung di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikaniki, tepatnya di Nanggung, Kabupaten Bogor. Ketua umum Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) Gerakan Nasional Padjadjaran (Genpar) Sambas Alamsyah menyayangkan adanya kejadian lagi ikan mati.

Sambas Alamsyah

Menurut Sambas, tercemarnya sungai Cikaniki dan ikan banyak yang mati bermula adanya pengaduan masyarakat khususnya dari Kecamatan Nanggung dan  pihaknya langsung menyikapi dengan cara mengadakan investigasi mulai dari hulu sampai ke hilir.

“Masalah keruhnya  sungai tersebut  bukan hanya dihulu saja namun ada mata rantai yang diduga mencemari lingkungan. Tercemarnya sungai tersebut, bukan hanya masyarakat saja yang tau akan tetapi  tripika pasti  sudah tau,” kata Sambas kepada Jurnal Bogor, Kamis (20/7)

Dia memaparakan bahwa langkah kongkrit selanjutnya semua benar-benar faktual turun ke lapangan karena yakin Antam dan pihak kepolisian setempat sudah melakukan uji analisa menginventarisir titik-titik yang bermasalah keruhnya sungai tersebut.

“Kesimpulannya, karena masalah keruhnya sungai tersebut tak kunjung selesai maka kami dengan lembaga -lembaga LSM yang lain akan membuat sebuah laporan secara bersurat kepada satuan tugas penegak hukum Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Sambas menuturkan, upaya ini demi menertibkan dan mengembalikan marwah aliran sungai Cikaniki yang berada di Kecamatan Nanggung menjad bersih kembali. “Kami akan laporkan ke Satgas Lingkungan Hidup yang berkantor di Jakarta,” kata dia.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles