26.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

PP Diharapkan jadi Lokomotif Pergerakan UMKM di Desa

Cibungbulang | Jurnal Bogor

Ketua Bidang Ekonomi Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor Ezha Prihan Jaya akan segera bergerak dalam tugas dari kepemimpinan barunya yang dipimpin Daulat Harahap.

Ezha Prihan Jaya

Dikatakan Ezha, Pemuda Pancasila diharapkan bisa jadi lokomotif pergerakan UMKM di desa-desa se-Kabupaten Bogor sehingga memberikan imej dan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten bogor.

“UMKM sebagai lokomotif baru dalam pergerakan Pemuda Pancasila yang akan diupayakan membangun sentra UMKM Pancasila atau warung Pemuda Pancasila di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bogor,” katanya.

Menurut dia, UMKM desa mempunyai peran cukup strategis pada pembangunan ekonomi di Kabupaten Bogor serta dalam skala nasional.

Selain di perkotaan, UMKM desa juga dipandang mempunyai prospek yang bagus di masa mendatang untuk pemulihan ekonomi.

“Pemerintah selalu mendorong UMKM di ranah pedesaan untuk bisa maju dan bersaing dengan jenis usaha lain dalam kancah internasional,” paparnya.

Menurut dia, UMKM yang dijalankan di pedesaan ternyata mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk perekonomian nasional. Beberapa di antaranya dapat menyumbang nilai Produk Domestik Bruto (PDB) bahkan di Indonesia, UMKM desa merupakan salah satu penyumbang terbesarnya.

“UMKM desa juga bisa menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah,”katanya.

Dia menjelaskan, UMKM Pancasila di desa juga mampu mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Tujuan dari program tersebut adalah agar para pelaku usaha pengurus Pemuda Pancasila bisa mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha, serta bisa mempunyai kemampuan dalam menjalankan usaha kecil serta menengah dan bermanfaat untuk warga sekitar

“Program ini juga melatih Anggota Pemuda Pancasila untuk bisa menerapkan keterampilan kewirausahaan, mengidentifikasi serta memilih proyek bisnis dan bisa mempersiapkan perencanaan bisnis yang dapat dipresentasikan pada lembaga terkait,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles