Home Ekbis Ikan Asin Masih Tinggi Diminati Warga Bogor Barat

Ikan Asin Masih Tinggi Diminati Warga Bogor Barat

ikan asin di Pasar Leuwiliang

Leuwiliang | Jurnal Bogor

Peminat untuk mengonsumsi ikan asin di wilayah Kabupaten Bogor bagian barat terbilang masih cukup tinggi. Olahan ikan kering ini memang begitu diminati masyarakat.

H Intan Permana

Bagaimana tidak dalam satu hari, sebanyak 2 kuintal ikan dari berbagai macam jenis terjual di toko ikan asin Intan Samudera milik H.Intan Permana di Pasar tradisional Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

H Intan Permana yang sudah bergelut berjualan ikan asin sekitar 15 tahun ini pun kini sudah memiliki 4 toko dengan jumlah karyawan 18 orang.

“Saat ini dalam satu hari bisa menghabiskan 2 kuintal di satu toko ini. Peminat disini memang banyak karena mungkin cuaca  asumsi masyarakat untuk ikan asin itu masih baik,” kata H.Intan Permana, Minggu (16/07/2023)

Dia menjelaskan, untuk menyediakan ikan asin yang dijualnya selalu memberikan yang terbaik.

“Kita harus liat kondisi ikan yang segar yang enak dilihat dan tidak bau apek.

Memang terkadang harga itu tergantung kualitas dan kuantitas. Terkadang opini masyarakat menginginkan ikan yang murah tapi bagus,” katanya.

Ada beberapa jenis ikan yang tergantung pada musim, dan ketika banyak ikan itu harga akan murah dengan kualitas yang baik. 

“Kalau kita dekat dengan nelayan langsung dengan harga murah dapat kualitas yang baik. Tapi itu hanya pada musim tertentu saja dan pada ikan tertentu juga, tidak semua ikan seperti itu,” bebernya.

Jenis ikan asin diketahuinya sebanyak 350 macam. Sementara di tokonya itu menyediakan 250 jenis ikan.

Dia memaparkan, di pasar tradisional Leuwiliang masyarakat banyak peminat ikan teri. Kendati cara pengolahan ikan di setiap daerah akan berbeda, begitu juga kehadiran ikan itu sendiri.

“Dari berbagai daerah olahan dari ikan itu sendiri akan berbeda.  Bisa dari kandungan garam dari Ikan di daerah  tersebut ataupun curah hujan mempengaruhi,” katanya.

Bahkan tergantung cara memasak juga ataupun memang kondisi Ikan atau cuaca yang ikut berpengaruh kepada kondisi ikan tersebut.

“Terkadang musim ikan tertentu itu akan berpengaruh juga, tadinya harga ikan yang mahal dari nelayan, ataupun sedang musimnya ikan yang mahal bisa turun jadi harga murah,” tutupnya.

** Andres

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version