29.6 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

ICMI dan Kepahlawanan Alm KH Soleh Iskandar

JURNALINSPIRASI.CO.ID – Bismillahir Rahmanir Rahiem. Assalamualaikum wr wb. Yth.ibu Dra Hj.Welya Safitri MSi, Ketua UmumDPP Perempuan ICMI, saya membaca pesan pada surat undangannya di WAG. Wankar ICMI Pusat, anggota DPP Perempuan ICMI akan dilantik, Kamis 6 Juli 2023 esok hari.
Memang saya diundang ya ibu Welya ?

Syukron atas undangannya, tetapi saya memohon maaf ibu Welya Safitri dkk DPP, kebetulan bersamaan waktu audiensi TP2PG Kota Bogor dgn Wawalkot Bgr bpk Drs.H.Dedie Rachim MA bertempat di Balai Kota Bogor besok pagi Kamis 6 Juli 2023 pkl 8.30 wib. Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf saya tak bisa hadir. Salam buat para Sahabat kaum perempuan ICMI, selalu sehat dan tetaplah bersemangat

Izinkan saya bercerita singkat tentang Tim Pengkaji dan Peneliti Pemberian Gelar (TP2PG). TP2PG dibentuk dgn SK Walkot Bogor, saya diberi amanah sebagai salah seorang anggotanya. Tugasnya membantu Wali Kota Bogor dalam hal menyiapkan berkas usulan pemberian gelar daerah bagi warga Kota Bogor yang berjasa dalam pengabdian sosial dan kemanusiaan, termasuk jasa kepahlawanan bagi mereka terhadap negara-bangsa (nation state) tempo doeloe.

Thn 2023 ini TP2PG Kota Bogor, alhamdulillah telah mengusulkan alm Ajengan bpk KH Soleh Iskandar untuk menjadi Pahlawan Nasional melalui Gubernur Jawa Barat untuk diajukan kepada Presiden RI.
Mohon doanya ibu Welya dkk, semoga bisa berhasil, alhamdulillah semua pemberkasan berupa dokumen-dokumen jejak dan langkah pengabdian almarhum Ajengan KH Soleh Iskandar untuk pengusulan kepahlawanan nasionalnya kpd bpk Presiden RI melalui Mensos RI sudah selesai kami/TP2PG kerjakan.

Persyaratan kepahlawanan alm KH Soleh Iskandar berdasarkan ketentuan UU “Pemberian Gelar atas Jasa Kepahlawanan” menurut hasil evaluasi kami TP2GD sudah sangat terpenuhi bahkan melebihi target. Almarhum KH Soleh Iskandar sangat layak mendapat pengakuan dari negara sebagai salah seorang Pahlawan Nasional (Pahnas).

Untuk diketahui bahwa Alm.KH Soleh Iskandar, adalah salah seorang pemrakarsa berdirinya ICMI Orwil Khusus Bogor pada bulan Maret 1991, lk 3 bulan ICMI resmi berdiri thn 1990 di Kampus Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur, dan kemudian almarhum KH Soleh menjadi Ketua Wanhat pertama ICMI Orwilsus Bogor untuk periode tahun 1991-1996, akan tetapi beliau wafat pada bulan Juni 1992 di Kota Bogor dengan tenang di rumahnya jln Kasintu Perumahan Heulang Bogor.

Sepengetahuan saya ajengan KH Soleh “tidak sakit” sebab sehari sebelum meninggal dunia, masih menerima tamu dan melaksanakan pengajian agama Islam di rumahnya. Salah seorang peserta pengajian dakwah Islamiyah itu saya AA, setelah acara pengajian saya oleh beliau dihadiahi sebuah Kitab Suci Al Quran dan Terjemahan terbitan Depag RI Jakarta, pada halaman judul bagian dalam Kitab saya meminta tandatangan basah-asli dari beliau. Al Quran tersebut hingga kini saya simpan sebagai kenangan manis (sweet memory) saya pernah berinteraksi bersama almarhum KH.Soleh Iskandar.

Subhanallah Ajengan KH Soleh Iskandar pernah ikut aktif dalam kegiatan dan acara Silaknas ICMI pertama tanggal 5-7 Desember 1991 di Hotel Indonesia Jakarta, dan saya AA sebagai Wasek ICMI Orwil Khusus Bogor di masa itu juga menjadi peserta Silaknas ICMI pertama.

Alhamdulillah saya bersama KH.Soleh Iskandar pernah menginap satu kamar di Hotel Indonesia. Pertemuan kami senior sepuh dgn yunior sangat mengesankan saya tentang sosok ketokohan almarhum dalam beberapa perspektif ketauladanan, beliau tokoh panutan dan motivator kaum muda.

Selaku orang muda ICMI saya kagum dan banyak memetik dan menarik pelajaran (lesson learned) dari pola berperilaku ahlaqul karimah almarhum Ajengan KH Soleh Iskandar.

Almarhum KH Iskandar sepengetahuan saya dan saya saksikan sendiri, beliau adalah salah seorang pemrakarsa yang gigih untuk keberhasilan pembentukan ICMI Orwil Bogor berstatus Khusus dari pucuk pimpinan ICMI Pusat. Beliau pada awal Januari-Maret 1991 bekerja keras, ikhlas, gigih tanpa kenal menyerah bersama Prof.Dr.Ir.H.Sjafri Mangkuprawira (GB IPB, Ketua LPPM IPB, yang kemudian dipilih menjadi Ketua ICMI Orwilsus Bogor pertama) dan KH.Tb Hasan Basri (Ketua MUI Kota Bogor) melobi Ketua Umum MPP ICMI pertama bpk Prof.Dr.BJ Habibie di kediamannya di komplek Patra Jasa Kuningan Jakarta.

Alhamdulillah ICMI Bogor mendapatkan status Orwil ICMI Khusus yang meliputi daerah Bogor, Sukabumi dan Cianjur (Bogor Raya), ditetapkan sebagai ICMI Orwil Khusus Bogor. Alasannya Wilayah Bogor sebagai zona penyangga ibu Kota Negara DKI Jakarta sarat dengan permasalahan yang komplek dan perlu dipecahkan para Cendekiawan, dan konsentrasi kaum Cendekiawan (ilmuwan, pakar dan ulama/ustadz) begitu banyak. Alm bpk Prof BJ Habibie pernah berkata dalam sambutan pelantikan MPW ICMI Orwilsus Bogor…”…jika ada batu jatuh dari udara, maka batu itu akan menimpa kepala Doktor atau Profesor di Bogor..”. Begitulah appresiasi dan harapan bapak BJ Habibie terhadap kelahiran ICMI Orwilsus Bogor, untuk diketahui dan dimaklumi bersama.

Dan Insya Allah MPW ICMI Orwil Khusus tetap eksis hingga kini dengan sejumlah aktivitas dan karya-karya yang bereputasi mewujudkan program 5 K ICMI, dan alhamdulillah juga ICMI Wilayah Bogor telah berkontribusi dalam menentukan arah perjalanan ICMI secara nasional.

Misalnya saja banyak para aktivis ICMI Bogor berkiprah pada tingkat nasional, dan maaf faktanya saya sebut diantaranya Prof.Arif Satria yang kini menjadi Ketum.MPP ICMI, dan periode sebelumnya Prof.Herry Suhardiyanto pernah menjabat Waketum MPP ICMI dan kini salah seorang Waket Wankar ICMI Pusat, keduanya mereka adalah Rektor IPB University dan merangkap Ketua ICMI Orwilsus Bogor.

Termasuk Hymne ICMI yang selalu diperdengarkan itu adalah kontribusi ICMI Orwilsus Bogor pada saat Silaknas ICMI pertama di Bogor, syair dan lirik lagu Hymne ICMI digubah Drs. Ruddy Fattah, guru SMA BBS Bogor, sekolah binaan para aktivis ICMI alm Prof.Hidayat Syarief dkk.

Untuk jelasnya kesan-kesan saya sebagaimana diungkapkan diatas informasi dan narasinya, saya sudah menulis di medsos dan koran-koran sekitar 8 tahun lalu tentang Sosok alm.KH Iskandar dengan judul “Memperjuangkan Almarhum KH.Soleh Iskandar Menjadi Pahlawan Nasional”.

Artikel tersebut merupakan makalah FGD Wandik Kota Bogor thn 2015, beberapa mass media memberitakannya, selanjutnya telah dimuat dan diterbitkan dalam buku saya berjudul “Kritik dan Saran untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan Kota Bogor” by Dr.H Apendi Arsyad (Ketua Dewan Pendidikan Kota Bogor tahun 2013-2019) diterbitkan IPB Press Bogor, thn 2019, 562 halaman.

Almarhum KH Soleh yang wafat thn 1992 di Bogor itu seorang ulama besar dan patriot sejati. Almarhum.KH Soleh tercatat dalam sejarah berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan RI dan menjaga eksistensi NKRI baik dalam hal merebut dan mempetahankan kemerdekaan yakni berperang megusir penjajah Belanda/KNIL sebagai Komandan Bataliyon Brigade O Siliwangi, daerah Bogor Barat Banten daerah basis perlawanannya.

Para pejuang yg dikomandani beliau sukses memghancurkan.tank baja canggih tentera penjajah Belanda, puing-puingnya dibuat bangunan monumen sejarah perjuangan di daerah Bogor Barat oleh Pemkab.Bogor dan alhamdulillah masih terawat baik.

Dan selanjutnya beliau berdedikasi mengisi kemerdekaan Republik.Indonesia dengan karya-karya pengabdian sosial yang sangat cerdas dan karya-karya kemanusiaan yang monumental dan begitu banyak baik di bidang pendidikan tinggi, kepasantrenan, kesehatan, perumahan rakyat, pemberdayaan ekonomi kaum fuqoro-masaqin (dhuafah), perbankan syariah, produk pangan halal, kelembagaan dan organisasi veteran, dll.

Karya-karya kemanusiaan yang sangat monumental, yang diprakarsai Almarhum KH Iskandar tersebut masih tetap eksis dan kian berkembang hingga saat ini, dan keberadaannya sangat bermanfaat bagi peningkatan SDM anak negeri, ummat dan bangsa ini baik bagi generasi kini (zaman Now), maupun insya Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup generasi yang akan datang seperti berdirinya Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor.

Dengan mahasiswa dan alumninya yang ribuan banyaknya berkiprah dalam berbagai sektor, Rumah Sakit Islam Bogor yang berpredikat A, Komplek Perumahan Rakyat Desa Pasararean Bogor Barat yg pernah mendapat penghargaan lembaga dunia UNESCO, BPRS Amanah Ummah Leuwiliang Kabupaten Bogor banyak mendapat berbagai penghargaan sebagai BPRS terbaik Indonesia, BKSPP Indonesia, Ponpes Darul Falah Ciampea Bogor sebagai perintis dengan alumninya ribuan tersebar di perdesaan Indonesia, Ponpes Modern Darul Muttaqien Parung Bogor, LP POM MUI, DDII, Organisasi Tani, Organisasi Tentera Muslim Pejuang dan Organisasi Legiun Veteran RI Pusat sebagai salah seorang pendiri dan pimpinan terasnya.

Almarhum Ajengan KH Soleh juga berperan penting dalam berbagai aktivitas sosial politik level nasional antara lain aktif di Partai Masyumi bersama Tokoh/Pemimpin Islam dan Pahnas Al Mukarrom Dr.Muhammad Natsir, tokoh pemersatu bangsa dengan mosi integralnya Natsir yang memantapkan keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga sekarang.

Tinggal kini soal nasib saja, semoga ada keberuntungan “dewi fortuna”alias arah kiblat polical will para elite politik negeri ini tergerak hatinya, untuk pemberian gelar dan pengakuan sebagai Pahlawan Nasional oleh Kepala Negara RI kepada almarhum Ajengan KH.Soleh Iskandar, tokoh Islam yang telah banyak jasanya dan amat dihormati di kalangan para ulama dan Rakyat Indonesia.

Kita barang tentu sungguh berharap, semoga Allah SWT mengabulkan doa-doa kita untuk raihan gelar Pahlawan Nasional untuk alm.Ajengan KH.Soleh Iskandar sehingga lebih mengangkat harkat martabat, marwah ,(dignity) umat Islam Indonesia, terkhusus buat kaum ulama patriot.

Besok Kamis pagi TP2PG melaporkannya kerja-kerja hasil kajiannya kepada Pemkot Bogor, dan saya harus hadir pkl 8.30 sd 11.00 wib.

Selamat ya ibu Dra.Welya Safitri MSi Ketum DPP Perempuan ICMI dkk jajaran Pengurus akan dilantik besok pagi Kamis tanggal 6 Juli 2023 di Gedung Nusantara IV MPR-DPR RI, Senayan Jkt oleh Ketum.MPP ICMI Prof.Arif Satria.

Terima kasih atas informasi dan undangannya. Barakallah. Aamiin-3 YRA.
Jayalah ICMI Kita.
Wassalam

Penulis:
Dr.Ir H.Apendi Arsyad, M.Si
(Pendiri ICMI thn 1990 di Malang, dan Wasek Wankar ICMI Pusat, Pendiri dan Universitas Djuanda Bogor, Konsulran K/L negara, Pegiat dan Pengamat Sosial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles