Home News Sampah dan Penataan Fly Over Cileungsi Jadi Masalah Pelik Perlu Keterlibatan Semua...

Sampah dan Penataan Fly Over Cileungsi Jadi Masalah Pelik Perlu Keterlibatan Semua Pihak

Adhi Nugraha

Cileungsi | Jurnal Bogor

Sampah dan penataan kawasan Fly Over Cileungsi merupakan masalah yang pelik dan tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak saja, apalagi hanya mengandalkan kekuatan Pemerintah Kecamatan. Hal tersebut disampaikan Camat Cileungsi Adhi Nugraha kepada Jurnal Bogor saat bincang-bincang di Kantor Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Adhi menyebut, harus banyak pihak yang ikut berkontribusi untuk memperindah Fly Over Cileungsi dan menjauhkannya dari sampah, karena sejauh ini Pemcam sudah bekerjsama dengan UPT Sampah Jonggol untuk membersihkan sampah di kawasan Fly Over Cileungsi tersebut, namun keesokan harinya sampah kembali menumpuk.

“Untuk memperindah kawasan tersebut semua pihak harus turun tangan, karena bukan hanya persoalan personil yang harus diturunkan untuk menertibkan tapi juga persoalan anggaran yang harus disiapkan untuk tindakan selanjutnya,” ungkap Adhi kepada Jurnal Bogor, Jumat (23/6/23).

Untuk menertibikan itu butuh anggaran, sambung Adhi, dan itu harus dilakukan secara cepat. Misalnya, jika ingin dibuat taman baca, taman bermain, atau kawasaan hijau. Pasca ditertibkan harus langsung di eksekusi, jangan mengunggu lagi dengan jangka waktu yang lama, sehingga kekosongan tempat tersebut kembali dimanfaatkan oleh oknum yang seolah-olah siap bertanggungjawab.

“Itu kelemahan kita selama ini, kenapa tidak bisa tertib dan timbul lagi PKL, yang mengakibatkan kemacetan dan tumpukan sampah. Karena saat di eksekusi pembenahan ada jeda waktu yang lama, hingga ada kesempatan lagi untuk mereka kembali, “ jelasnya.

Pemda saat ini, lanjut Adhi, belum siap dengan dana yang cukup besar yang harus disiapkan untuk menertibkan dan memperindah kawasan Fly Over Cileungsi tersebut. Maka dari itu, diharapkan ada pihak ketiga yang siap untuk mendanai kegiatan itu.

“Kami sambut dengan tangan terbuka, jika ada pihak ketiga yang mau ikut andil dalam penataan Fly Over Cileungsi. Syukur-syukur ada CSR dari perusahaan yang mempunyai program penataan Fly Over, sehingga PR Pemda sedikit terbantu, apalagi kawasan industri di wilayah Bogor Timur ini sangat padat ya, besar kemungikinan jika ada yang meniatkan pasti bisa terlaksana,” cetusnya.

Lebih lanjut Adhi mengatakan, untuk penataan kawasan Fly Over Cileungsi ini memang sudah direncanakan oleh Pemda. Namun, untuk waktu realisasinya kapan, pihaknya tidak bisa memastikan. Mengingat, anggaran Pemda yang terbatas dan banyak bidang juga yang membutuhkan dan sifatnya mendesak membuat program penataan Fly Over Cileungsi selalu tergeser.

“Tinggal tunggu kesiapan anggaran nya saja, sambil menunggu itu semua, harapan saya masyarakat juga turut menjaga kawasaan tersebut,dan untuk oknum yang memanfatkan wilayah itu, coba manfaatkan dengan baik jangan hanya mengambil keuntungannya saja tapi lokasinya tidak diperhatikan, “ pungkasnya.

“Yang pasti Cileungsi itu banyak PR, dan perlu kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Kamu gak usah jadi Camat di Cileungsi gak akan kuat,” canda Adhi.

 ** Nay Nur’ain

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version