26.2 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Disdik Akan Tindaklanjuti PKBM Satria Sakti

Sukajaya| Jurnal Bogor

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor akan menindaklanjuti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Satria Sakti di Kampung Pasir Tugu, Desa Sukajaya, Sukajaya, Kabupaten Bogor. Sebelumnya, kebertadaan PKBM ini dinilai warga tak jelas.

“Akan kami tindak lanjuti melalui penilik,” kata Humas Disdik Kabupaten Bogor Ikbal Rukmana, Kamis (22/06/2023).

Dia pun belum mengetahui lebih jauh terkait keberadaan pendidikan non formal tersebut yang diduga tidak jelas dan dinilai hanya mengincar keuntungan pribadi semata.

“Katanya siswanya gak ada atau gak pernah belajar ya?,” Tanya Ikbal.

Kendati demikian, pihaknya mengapresiasi warga yang telah memberikan informasi tersebut. “Oke nuhun Informasinya,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, orang tua murid Sulaeni menjelaskan, keberadaan PKBM tersebut hanya jadi ajang keuntungan pribadi. Banyak warga yang jadi korban dugaan pemalsuan data.

Selain itu, untuk keabsahan legalitas PKBM, seakan warga telah menghibahkan tanahnya untuk keperluan kegiatan PKBM itu hanya untuk memanipulasi data legalitas saja.

“Setelah saya telusuri ternyata memanipulasi warga demi kepentingan pribadi, dan pastinya warga yang dikorbankan atas adanya Yayasan Satria Sakti saya duga pemalsuan data legalitas, karena si pemilik tanah tidak pernah menghibahkan,” katanya.

Dia mengaku, bahwa dirinya mengetahui sejak awal berdirinya PKBM itu. Banyak data yang dirinya masukan ke yayasan tersebut. Namun hingga kini tidak ada kelulusan bagi pelajar.

“Saya tahu persis pada waktu merintisnya yayasan itu, data siswa yang masuk PKBM Satria Sakti banyak dari saya. Tetapi hingga saat ini saya tidak mengetahui kapan ke lulusannya dan sampai saat ini juga pelajar itu selalu bertanya kepada saya,” katanya.

“Saya selaku orang tua siswa, mempertanyakan kapan siwa-siswi ini akan di luluskan sedangkan PKBM ini belum pernah ada kegiatan belajar dan mengajar, bahkan guru-gurunya juga nyah siapa dan orang mana kami pun tidak tahu,”  tambahnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles