33.8 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Dewan: Pengelolaan TPAS Galuga Gagal

Cibungbulang l Jurnal Bogor

Anggota DPRD Kabupatennya Bogor dari Fraksi PAN Usep Saepuloh mengapreasiasi Ketua Umum LSM Genpar Sambas Alamsyah yang telah melakukan investigasi mendalam dengan ditemukan  dugaan pungli di TPAS Galuga, Cibungbulang.

“Ini hanya satu kasus  dari persoalan pengelolaan sampah yang gagal,” kata Usep Saepuloh kepada wartawan, Kamis (22/6)

Menurutnya, TPAS Galuga  pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  jauh dari harapan masyarakat dan juga dari harapan Pemkab Bogor apa yang sudah dirumuskan  di Perda Bogor Nomor 2 Tahun 2014 tentang pengelolaan  sampah di Kabupaten Bogor.

“Tentu ini tugas  Komisi III DPRD Kabupaten Bogor sesuai leading sektornya dan sudah harus memanggil DLH Kabupaten Bogor,” ujar Usep.

Kalau  tidak  ada perbaikan, tambah wakil rakyat asal PAN ini, dari  banyak  persolan- persoalan yang ada di TPAS Galuga akan dilakukan beberapa opsi. Secara pribadi kata dia, sudah  mencoba  komunikasi dengan Sekretaris DLH Kabupaten Bogor dan jawabanya  cukup mengecewakan  kerena  sudah   menyerderhanakan persoalan pencemaran lingkungan di sekitar TPST Galuga.

“Kami akan meminta ijin kepada  pimpinan fraksi PAN untuk melakukan  lobi dan penggalangan  dukungan kepada Fraksi II yang ada di Kabupaten Bogor untuk mengusulkan PanitiaKkhusus (Pansus) tentang pengelolaan sampah TPAS Galuga,” kata dia.

Opsi  kedua, dewan dan pengacara dan beberapa tokoh masyarakat melakukan class action atau gugatan kelompok kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. “Kami  mempunyai legal standing hukum jelas, karena rumah kami  tidak begitu jauh dari Galuga  yang berdampak kerugian pencemaran udara yang dirasakan setiap hari,” tukasnya.

** Andres | Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles