34.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Hati-hati, Foto Camat Cigudeg Dicatut Penipu

Cigudeg | Jurnal Bogor

Foto Camat Cigudeg, Kabupaten Bogor Pardi digunakan untuk modus penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Teman-teman kalau ada yang menghubungi nomor tersebut, jangan ditanggapi karena dia sudah membajak foto saya, dan itu bukan nomor saya, demikian terimakasih,” dikutip dari  keterangan unggahan medsos Camat Pardi.

Pardi menjelaskan,, bahwa sebelumnya dirinya mendapat laporan kepadanya sudah menjadi korban penipuan yang mencatut foto dirinya.

“Tadi pagi ada orang yang lapor ke saya kena tipu katanya menggunakan foto profil bapak dan saya percaya katanya masa pak camat bohong gitu,” kata Pardi dikonfirmasi Minggu (10/06/2023).

Padahal, kata dia, kasus upaya-upaya penipuan yang menggunakan foto seperti itu sudah sering terjadi seperti menawarkan mobil dengan harga murah dan lain sebagainya.

“Tetapi itu dia, kadang-kadang masyarakat itu terhipnotis atau apa gitu. Kan dia sudah tahu nomor saya yang aslinya, tetapi begitu di ubungi pakai nomor lain hanya gara gara melihat foto profilenya langsung percaya,” katanya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat agar jangan mudah percaya saat dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal meskipun menggunakan sebuah foto profil pejabat seperti dirinya.

Menurutnya, rata-rata pelaku kejahatan yang mencatut atau menggunakan foto orang lain itu melancarkan aksinya melalui percakapan (chat) bukan melalui sambungan telepon.

“Makanya harus waspada dan jangan mudah percaya seperti (iming-iming) dapat undian dan kadang masyarakat itu spontan apalagi (foto) profile nya profil pak camat kan pemikirannya masa pak camat bohong gitu kan,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles