29 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Ngeri, Kali Cipamingkis Kikis Tanah Dekat Rumah Warga 

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Warga Kampung Parakan Panjang RT 01/RW 02, Desa Sukamakmur, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, khawatir kediamannya yang berdekatan dengan Kali Cipamingkis mengalami abrasi. Pasalnya, air dari Kali Cipamingkis semakin hari semakin dekat dengan rumah dan mengikis tanah warga.

Salah satu warga, Aher (45) khawatir akan pengikisan tanah akibat terjangan air dari Kali Cipamingkis yang terjadi secara terus menerus. Apalagi kondisi seperti ini sudah terjadi secara bertahun-tahun, namun yang parahnya saat Idul Fitri lalu.

“Jika dilihat, hanya tinggal hitungan meter saja air kali Cipamingkis sampai ke kediaman warga, sedangkan di wilayah tersebut ada sekitar 100 rumah warga,” paparnya.

Menurutnya, kekhawatiran dia dan warga lain bukan tanpa sebab, karena abrasi pernah terjadi dan dialami oleh warga Jonggol akibat terjangan air dari kali Cipamingkis juga. Bukan hal yang tidak mungkin jika dibiarkan berlarut hal serupa bisa terjadi disini.

” Masa harus nunggu kejadian dulu, dan nunggu rumah warga ke bawa air dulu baru dibenahi. Kejadian ini sudah disampaikan kepada pemerintah, bahkan dari BPBD sudah pernah datang, tapi belum ada realisasinya,” cetusnya.

Sementara, Kepala Desa Sukamakmur, Ujang Sunandar membenarkan adanya kikisan tanah oleh terjangan air dari kali Cipamingkis. Menurutnya, kondisi tersebut sudah dilaporkan kepada BPBD Kabupaten Bogor, bahkan sudah pernah dilihat langsung.

“Namun memang belum ada tindakan, saya sendiri khawatir juga dengan kondisi saat ini. Mengingat di wilayah tersebut ada rumah penduduk, pesantren, mushola dan majelis taklim,” pungkas Ujang.

Dirinya berharap BPBD Kabupaten Bogor untuk sesegera mungkin memasang bronjong atau ada tindakan lain yang sekiranya bisa menahan tanah agar tidak terkikis oleh air kali Cipamingkis. Apalagi kondisi tersebut sudah berlangsung sejak Idul Fitri.

“Jangan nunggu kejadian, sebisa mungkin secepatnya dicarikan solusi, kalo nunggu kejadian abrasi desa juga yang repot,” cetusnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles