27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Ecoprint Primadona UMKM Desa Gunung Putri, Ini Pesan Kiki Zakkiyah untuk Anggota PKK

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Banyaknya kunjungan dari luar kabupaten bahkan luar pulau ke Desa Gunung Putri, Kabupaten Bogor membuat semua lembaga masyarakat yang ada di desa harus bekerja ekstra dan memberikan tampilan-tampilan baru sehingga mampu memikat setiap pengunjung yang datang.

Seperti hal yang disampaikan Ketua TP PKK Desa Gunung Putri Kiki Zakkiyah yang menggencarkan produk batik Ecoprint untuk berbagai macam jenis kerudung dan pakaian wanita dan pria. Menurut Kiki, keahlian membuat produk Ecoprint ini didapat dari dukungan CSR Indocement yang mendatangkan langsung pelatih dari balai ke desa.

” Alhamdulilah setelah mendapatkan ilmu pengetahuan dari pelatihan tersebut, saya menggerakkan ibu-ibu PKK untuk memproduksi kerudung jenis segi 4 dan Pasmina,” ungkap Kiki sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor, Senin (29/5/23).

Lebih lanjut Kiki menjelaskan, setiap sekali produksi dirinya dan ibu-ibu PKK lainnya mampu memproduksi 12 pcs kerudung jenis segi 4, dan 12 kerudung jenis Pashmina, serta 4 pcs baju, dan itu menghabiskan sekitar 9 gulung kain.

“Untuk prosesnyanya sendiri memakan waktu sekitar seharian, sampai dengan pengeringan dan layak jual. Jika untuk proses penataan daunnya hanya memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit, dan untuk proses pengukusan agar gambar corak daun tersebut menempel pekat di bahan itu memakan waktu sekitar 2 jam,” bebernya.

Dirinya bersyukur, apalagi dengan banyaknya tamu yang berkunjung ke Desa Gunung Putri. Tak jarang, barang dagangannya diborong oleh tamu untuk oleh-oleh di daerahnya, bahkan sampai ada yang bertanya detail proses pembuatannya.

“Saya berupaya untuk membangkitkan semangat kaum ibu, terutama pemahaman jika perempuan itu sebetulnya multitalenta dan bisa melakukan hal secara bersamaan,” katanya.

“Adanya kegiatan pembuatan baju dan kerudung ecoprint ini, tanpa disadari juga bisa menambah penghasilan ibu PKK. Ya semoga kedepannya untuk anggota PKK bisa membuat usaha sendiri dari hasil pembelajaran ilmu pengetahuan yang didapat di Desa Gunung Putri,” pungkas Kiki yang juga seorang pengajar. 

Kiki bangga karena produk Ecoprint menjadi salah satu produk andalan serta banyak peminatnya. “Pesan saya untuk ibu-ibu PKK semangat dan jangan mudah puas untuk terus berkreasi guna meningkatkan ekonomi,” cetusnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles