29.6 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Sedekah Bumi di Desa Bendungan Beraroma Politik, Warga Minta Jangan Tunggangi Pesta Rakyat

Jonggol | Jurnal Bogor

Sedekah bumi yang dimeriahkan dengan lomba Dongdang di Desa Bendungan, Jonggol, Kabupaten Bogor, Rabu (24/5/23) yang dihadiri oleh politisi Ade Ruhandi (Ade Jaro) disebut warga berbau aroma politik untuk mencalonkan diri pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan salah satu warga Desa Bendungan, Didin Komarudin (45) ada unsur politik pada acara sedekah bumi yang memang biasa dilakukan warga Bendungan. Hal tersebut terlihat dengan hanya dihadiri oleh Ade Jaro dan sepanjang jalan dari gang menuju Desa Bendungan berjejer bendera khas partai.

” Sedekah bumi ini jangan harusnya jangan dikaitkan dengan politik, apalagi jika sudah berjejer bendera warna khas dari salah satu partai. Karena secara sepintas, akan ada yang menganggap bahwa dialah yang membiayai kegiatan ini atau ada support dari yang bersangkutan,” ungkap Komar biasa disapa kepada Jurnal Bogor, Kamis (25/5/23).

Sebagai warga kata dia, sebetulnya ada keberatan, sedekat apapun Kades dengan politisi tersebut jangan dikaitkan dengan warna khas salah satu partai. Karena sedekah bumi yang ada diselenggarakan warga ini murni inisiatif warga dan tidak ada sumbangsih dari partai manapun.

“Bahkan kami warga se-Desa Bendungan justeru memberikan amplop yang dikumpulkan di dalam kotak besar untuk meringankan beban Kades kami, ini bentuk gotong royong warga Desa Bendungan,” cetusnya.

Dirinya meminta, untuk siapapun yang menjadi kader partai politik jangan numpang tenar dari kegiatan yang murni diselenggarakan warga.

“Kalo mau hadir ya hadir aja, mungkin undangan kades, tapi jangan dijejerin bendera partai tertentu, karena ini pesta kami bukan perta politik,” tandasnya.

Sementara, Ade Ruhandi yang ingin mencalonkan Bupati Bogor 2024 mendatang mengatakan kehadiran dirinya karena diundang oleh Kepala Desa Bendungan yang sudah jauh-jauh hari menyampaikan akan diadakan acara sedekah bumi di desanya.

“Saya datang karena undangan, untuk persiapan 2024 nanti kita kasih tau ya, ini hanya sebagai undangan saja menyaksikan warga berpesta sebagai ucapan rasa syukur karena hasil panen yang berlimpah,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kades Bendungan Hj. Nemi Nuraeni mengatakan dirinya sudah lama mengenal Ade Jaro jauh sebelum menjadi kepala desa.

“Jadi saat ketemu di acara Sukamakmur tempo hari, pak Ade Jaro mau main ke Bendungan, saya bilang nanti saja saat ada acara sedekah bumi biar sekalian melihat kemeriahan warga, tidak ada unsur politik dalam kegiatan sedekah bumi ini karena Bu Eli Yasin pun saya undang,” kata Hj.Nemi.

** Sir/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles