34.2 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Spekulan Ngaku Bangun Jalan Desa Swadaya, Kades Bojong Koneng : Jalan Itu Bukan Milik Desa

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Kejadian yang sempat ramai pada pertengahan Mei 2023 lalu di Kampung Tapos RT 03 RW 04, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor perihal adanya penyetopan jalan yang dibangun oleh seseorang yang mengaku warga desa, akhirnya mulai terkuak dengan adanya pengakuan dari Kepala Desa Bojong Koneng, Rusdi Anwar.

Rusdi Anwar menjelaskan, jalan yang sedang diaspal bukanlah jalan milik desa, dan tidak tercatat sebagai aset desa. Adanya kesimpangsiuran informasi dari mulut ke mulut membuat suasana dan berita yang beredar pun jadi berbagai versi, hingga menimbulkan asumsi yang kurang baik.

“Berita yang beredar saat itu adalah jalan warga diserobot Sentul City. Kemudian sudah dicor secara swadaya oleh warga kemudian direbut Sentul. Padahal faktanya buakn seperti itu, karena jalan tersebut bukanlah jalan milik desa,” beber Rusdi Anwar kepada Jurnal Bogor, Jum’at (19/5/23).

Hal tersebut turut dikuatkan oleh Kepala Dusun setempat, Cecep Suhendar yang merupakan warga asli kampung Tapos. Dia menceritakan, dulunya lokasi tersebut adalah area perkebunan.

Sedangkan pengaspalan jalan yang dilakukan oleh seorang warga yang mengaku warga asli Desa Bojong Koneng, ternyata bohong. Orang tersebut bukanlah warga asli Desa Bojong Koneng melainkan hanya warga pendatang.

“Hasil penelusuran, orang itu membeli lahan di area izin lokasi Sentul City yang dulunya merupakan area Perkebunan PTP XI. Jadi, kabar perihal jalan desa diserobot itu tidak benar karena lokasi tersebut bukanlah jalan milik Desa Bojong Koneng,” jelasnya.

Sementara, PT Sentul City, Tbk melalui Divisi Pertanahan dan Perijinan Sentul City, Sejuk Karyanto membenarkan lahan tersebut adalah HGB PT Sentul City, Tbk, dari perolehan ex-HGU dari PTP XI.

“ Lokasi tersebut betul HGB PT.Sentul City, dan kami hanya mengambil yang memang bagian dari hak perusahaan,” jelas Sejuk.

** nay nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles