Gunung Putri | Jurnal Bogor
PLN UP3 Gunung Putri melakukan kegiatan Gempur Konstruksi (G-Kon) di wilayah kerja PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Citeureup pada Rabu (17/5/2023).
Manager UP3 Gunung Putri, Rully Indra Ardyan menjelaskan, Gempur Konstruksi merupakan pekerjaan pemeliharaan jaringan yang dilakukan oleh tim gabungan petugas teknik dengan tujuan pekerjaan dapat lebih cepat selesai sehingga waktu padam lebih singkat.
Menurutnya, G-Kon difokuskan di Desa Kadumangu dan Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dan dilaksanakan oleh Tim Gabungan petugas teknik ULP Cileungsi, ULP Citeureup dan ULP Jonggol.
“ Tim terdiri dari tim khusus tebang yang tugasnya melakukan pengamanan jaringan dari pohon di sekitar jaringan SUTM dan Tim Hartek (Pemeliharaan Teknik) yang melaksanakan perbaikan konstruksi gardu dan jaringan SUTM. Pemeliharaan ini dilaksanakan sebagai langkah preventif dalam menjaga kehandalan aliran listrik ke 817 pelanggan yang berada di wilayah tersebut,” jelas Rully kepada Jurnal Bogor, Jum’at (19/5/2023).
Gempur Konstruksi sendiri, sambung Rully, merupakan kegiatan rutin di PLN UP3 Gunung Putri dalam pemeliharaan jaringan listrik.
“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di ULP Citeureup tapi juga di wilayah kerja ULP Cileungsi dan ULP Jonggol sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Tentunya kami ingin meningkatan keandalan listrik demi kepuasan pelanggan,” ujar Rully.
Lebih lanjut Rully menjelaskan, bahwa pemeliharaan jaringan listrik PLN ada 2 metode yaitu pemeliharaan yang memerlukan pemutusan pasokan listrik (padam) dan pemeliharaan tanpa pemutusan aliran. Pemeliharaan yang perlu pemutusan dilakukan untuk menjaga keselamatan petugas PLN, instalasi PLN dan masyarakat sekitar.
“ Agar pekerjaan pemeliharaan yang memerlukan pemutusan listrik dipersingkat, maka PLN melakukan pemeliharaan gabungan melalui G-Kon,” cetusnya.
Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan PLN terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang andal sesuai dengan aspirasi transformasi perusahaan, yaitu Customer Focused.
“ Oleh karena itu, PLN melakukan berbagai kegiatan seperti Gempur Konstruksi, pemeliharaan oleh tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan, dan lain lain,” ungkap Susiana Mutia saat di Bandung.
Selain itu, lanjut dia, PLN juga memberikan layanan kemudahan akses PLN melalui PLN Mobile. Terdapat berbagai fitur dalam PLN Mobile seperti pasang baru, tambah daya, pembayran tagihan listrik, dan pelaporan gangguan listrik.
“ Pada fitur pelaporan ini, pelanggan bisa memantau langsung posisi petugas PLN di lapangan,” singkatnya.
** nay nur’ain