25.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Selain Lanjutkan Program Kades Terdahulu, Irmayani Juga Akan Betonisasi Puluhan Jaling

Megamendung | Jurnal Bogor
Tidak ingin mengecewakan masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan untuk memimpin pemerintahan desa periode 2023-2028, Kepala Desa (Kades) Sukamanah, Megamendung, Kabupaten Bogor, Irmayani sudah mempersiapkan program kerja awal menjabat.

Kades Sukamanah, Irmayani mengatakan, salah satu program kerja pertama yang akan dilakukannya itu yakni, melaksanakan pembangunan betonisasi jalan lingkungan sepanjang 11000 meter yang tersebar di 24 titik.

“Betonisasi jalan lingkungan itu sudah masuk ke rencana anggaran pembangunan desa (RAPBDes). Dan anggarannya sendiri bersumber dari Satu Miliar Satu Desa (Samisade),” katanya kepada Jurnal Bogor saat dikonfirmasi usai kegiatan serah terima jabatan dari Kades Sukamanah terdahulu ke Irmayani, Kades Sukamanah baru, di aula Kantor Desa Sukamanah, akhir pekan lalu.

Menurutnya, menjadi Kades Sukamanah sekarang, tentunya tidak akan sulit untuk membangun wilayah lebih maju lagi. Pasalnya, Desa Sukamanah selama dipimpin Kades Ismail selama kurun waktu 20 tahun, telah banyak kemajuan baik di sektor pembangunan, sosial, pendidikan, kesehatan hingga perekonomian masyarakat.

“Jadi saya tinggal melanjutkan program kerja yang sudah dilaksanakan kades lama,” aku Irmayani.

Adapun program-program kerja yang sudah berjalan semasa kepemimpinan kades lama dan menjadi pendapatan desa, yaitu adanya Badan Usaha Milik Desa (BumDes) yang bergerak di bidang pengelolaan air atau sejenis pipanisasi ke rumah-rumah warga.

Selain itu, lanjutnya, BumDes Sukamanah juga mengelola pasar desa yang sudah berjalan dengan baik. Sehingga, dua sektor BumDes tersebut salah satunya yang mengantarkan desa ini masuk kedalam kategori desa terbaik tingkat nasional.

“Makanya, BumDes penyediaan sarana air bersih dan pengembangan pasar desa ini akan saya pertahankan dan mudah-mudahan bisa berkembang lebih maju lagi,” jelas Irmayani.

Sementara, mantan Kades Sukamanah, Ismail minta agar kades yang sekarang menjabat, untuk terus melanjutkan program kerja yang sudah berjalan. Tidak hanya dua sektor BumDes saja, program inovatif yang selama ini telah berjalan di masyarakat pun seperti, program Geser (Gerakan Sebungkus Rokok) harus tetap dipertahankan.

“Bayangkan saja, program Geser yang bertujuan agar masyarakat ikut menyokong penghasilan desa itu sangat sukses. Karena, penghasilan dari program tersebut selama setahun bisa menghasilkan pendapatan sebesar 170 juta sampai 200 juta,” jelasnya.

Ismail juga mengungkapkan program gemar membangun yang merupakan kegiatan pembangunan untuk ketersediaan air bagi para petani di wilayah Desa Sukamanah. Dimana, masyarakat secara bersama-sama melakukan pemeliharaan hingga pembangunan irigasi agar ketersediaan air untuk mengaliri area sawah maupun kebun mereka tidak kekurangan.

“Program Geser dan gemar membangun tetap dipertahankan, termasuk pemberian beasiswa untuk masyarakat hingga lulus sampai perguruan tinggi yang bersumber anggaran dari pendapatan desa, harus tetap dilaksanakan,” tegasnya.

Ismail berpesan agar Kades Sukamanah yang baru, menjadi kades yang transparan, berbuat banyak untuk kepentingan masyarakat dan tidak boleh mengganggu apa yang menjadi hak-hak masyarakat.

“Pesan itu yang diamanatkan oleh bapak saya saat pertama kali menjabat sebagai kades. Dan saya minta agar kades yang sekarang memimpin untuk menjalankan amanat tersebut,” tukasnya.

Hadir dalam Kegiatan serah terima jabatan Kades Sukamanah itu, Camat Megamendung, Acep Sajidin, Polsek, Danramil, BPD, LPM, kader PKK, RT, RW dan tokoh ulama hingga pendukung Irmayani.

** Dede Suhendar  

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles