25.8 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Tumbuh 117%, Astra Otoparts Bukukan Laba Bersih Tahun 2022 Sebesar Rp 1,3 Triliun

Citeureup | Jurnal Bogor  

PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts/Perseroan/AUTO) mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST/Rapat) di gedung Astra Otoparts, Selasa (11/4/23).

Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen Salim mengatakan, dalam pembahasan RUPS tersebut terdapat beberapa acara dan bahasan, yakni pada rapat pertama pemegang saham menyetujui dan menerima baik Laporan Tahunan untuk tahun buku 2022, termasuk mengesahkan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan, serta mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku 2022 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan, dengan pendapat wajar dalam semua hal yang material.

“Kedua, pemegang saham menyetujui penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022 sebesar Rp1.326.575.421.353,- dan menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp 530.170.630.000,- atau kurang lebih 40% dari keuntungan yang tercatat sebagai laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 atau sebesar Rp110.0,- setiap saham.

Dividen interim sebesar Rp 106.034.126.000,- atau sebesar Rp22,- setiap saham yang telah dibayarkan pada tanggal 24 Oktober 2022, dan sisanya sebesar Rp 424.136.504.000,- atau sebesar Rp 88,- setiap saham yang akan dibayarkan pada tanggal 11 Mei 2023 kepada Pemegang Saham Perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 28 April 2023,” jelas Hamdhani kepada Jurnal Bogor.

Dan pada mata acara rapat ketiga, sambung Hamdhani,  pemegang saham menyetujui pengangkatan Anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk masa jabatan sejak ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tahun 2023 sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tahun 2025.

Pada mata acara rapat keempat, perseroan menunjuk Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan, anggota jaringan firma PricewaterhouseCoopers, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, untuk melakukan audit atas laporan keuangan konsolidasian Perseroan untuk tahun buku 2023.

Sebagai Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen Salim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan penuh yang diberikan sehingga Astra Otoparts dapat terus berkembang secara sinergis melalui berbagai inovasi baik dalam kategori otomotif dan non otomotif, serta menorehkan pencapaian kinerja yang positif di tahun-tahun mendatang.

Untuk diketahui, PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts/Perseroan/AUTO) merupakan grup perusahaan komponen otomotif terbesar di Indonesia. Kegiatan usaha Perseroan yang berfokus pada proses produksi, perdagangan dan jasa aneka ragam suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, dengan segmen pasar pabrikan otomotif (OEM – Original Equipment Manufacturer) dan pasar suku cadang pengganti (REM – Replacement Market).

Hingga tahun 2022, Perseroan memiliki 7 divisi, 47 anak perusahaan, 46 dealer utama juga 26 kantor penjualan yang melayani sekitar 15.000 toko suku cadang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu pangsa pasar Perseroan juga telah meluas hingga ke lebih dari 50 negara di kawasan Afrika, Amerika, Asia Oseania, Eropa, dan Timur Tengah.

Perseroan juga memiliki jaringan ritel komponen otomotif modern yang pertama di Indonesia yang dikenal dengan nama Shop&Drive. Selain itu, Perseroan juga memiliki layanan servis khusus untuk kendaraan roda dua yaitu Shop&Bike dan Motoquick, serta layanan servis berkala khusus kendaraan roda empat yaitu Astra Oto Service. Perseroan juga menjangkau langsung konsumen melalui platform www.astraotoshop.com sehingga konsumen dapat melakukan transaksi pembelian produk-produk unggulan Perseroan dengan mudah, aman dan berkualitas.

Perseroan melakukan inovasi dengan kemampuan engineering dari divisi Workshop for Industrial Equipment (WINTEQ) untuk pengembangan proses terkait sistem otomasi dan implementasi Industri 4.0 serta divisi Engineering Development Center (EDC) untuk pengembangan produk.

Perseroan juga melakukan diversifikasi bisnis dengan memproduksi berbagai produk non otomotif untuk penunjang kebutuhan kesehatan, industri, maupun alat berat. Pada Juli 2022, Perseroan juga telah mendukung ekosistem kendaraan listrik melalui peluncuran Astra Auto Power, fasilitas pengisian daya Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan listrik roda empat. *

Susunan Anggota Direksi Perseroan:
Hamdhani Dzulkarnaen Salim sebagai Presiden Direktur
Lay Agus sebagai Direktur
Kusharijono sebagai Direktur
Wanny Wijaya sebagai Direktur
Heru Harsana sebagai Direktur
Tujuh Martogi Siahaan sebagai Direktur
Ronny Kusgianta sebagai Direktur
Susunan Anggota Dewan Komisaris Perseroan:
Gidion Hasan sebagai Presiden Komisaris
Johannes Loman sebagai Wakil Presiden Komisaris
Chiew Sin Cheok sebagai Komisaris
Sudirman Maman Rusdi sebagai Komisaris
Gunawan Geniusahardja sebagai Komisaris
Agus Tjahajana Wirakusumah sebagai Komisaris Independen
Bambang Trisulo sebagai Komisaris Independen
Bambang Widjanarko E.S. sebagai Komisaris Independen


** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles