30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Bus AKAP di Terminal Leuwiliang Dicek Kelayakannya

Leuwiliang | Jurnal Bogor 

Sejumlah kendaraan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal tipe B Leuwiliang, Kabupaten Bogor dilakukan inspeksi keselamatan atau ramp check. 

Pelaksanaan inspeksi keselamatan lalulintas angkutan jalan tersebut dilakukan oleh Satlantas Polres Bogor dengan Dishub Kabupaten Bogor dan Dishub Provinsi Jabar. 

“Kami dari Satlantas Polres Bogor bersama dengan Dishub Kabupaten Bogor sudah melaksanakan beberapa kali pengecekan di masing-masing terminal maupun di pool bus,” kata Kanit Kamsal Polres Bogor IPDA A. Rahman, Selasa (11/04/2023).

Didampingi Kepala Terminal, pengecekan yang dilakukan oleh beberapa penguji dari Dishub terhadap beberapa unit Bus yang beroperasi, Rahman menjelaskan, diantara pengecekan tentang kelayakan kendaraan, legalitas surat-surat kendaraan. Selain itu pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan  kesehatan baik jasmani, maupun rohani terhadap sopir.

“Alhamdulillah sejauh ini tidak ditemukan unit yang diduga memiliki kekurangan dalam hal-hal pemeriksaan tersebut. Kita wacanakan juga terkait dengan pemeriksaan kelayakan sopir,” jelasnya.

Sebelumnya kata dia, ramp check dilakukan di wilayah Cibinong. “Untuk saat ini kita lakukan di Terminal Leuwiliang saja, sebelumnya kita sudah melaksanakan di beberapa terminal di wilayah Cibinong,” paparnya.

Sementara, Kepala Terminal Leuwiliang Wahyu menjelaskan, ramp check tersebut dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan polres Bogor dan Dishub Provinsi Jabar. 

“Alhamdulillah sejak dilaksanakan sudah ada empat unit kendaraan yang di-ramp check namun tidak ditemukan kekurangan baik dalam kelayakan jalan maupun kelayakan administrasi,” ucap Wahyu. 

Kata dia, untuk antisipasi angkutan lebaran pihaknya sudah menghubungi PO agar menyiapkan kendaraannya selain kelayakan dan kesehatan para sopir, pihaknya pun setiap 24 jam melakukan pengawasan dan pelayanan terhadap bus tersebut.

“Untuk persiapan jelang Lebaran kita sudah menghubungi pool PO. Untuk sementara sebanyak 33 unit kendaraan yang biasa setiap harinya beroperasi akan dipersiapkan,” katanya.

Namun demikian, aktivitas peningkatan pemudik maupun pendatang hingga saat ini masih normal. “Sejauh ini aktivitas masyarakat pemudik maupun pendatang masih normal,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles