34.1 C
Bogor
Monday, May 13, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Gunung Putri Kembali Wisuda Santri Samaduha, Berikut Nama-namanya 

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Gunung Putri untuk yang ketiga kalinya kembali melakukan wisuda untuk para santri yang mengikuti program Satu Masjid Dua Hafidz (Samaduha). Samaduha sendiri merupakan program turunan dari Provinsi Jawa Barat yakni Satu Desa Satu Hafidz (Sadesa) yang pernah diinisiasi oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Pada kesempatan tersebut, Desa Gunung Putri telah berhasil mewisuda 29 santriwan dan santriwati yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Gunung Putri, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (8/4/23).

Kepala Desa Gunung Putri, Damanhuri menjelaskan kegiatan malam hari ini adalah kegiatan wisuda santri dari program Samaduha. Yang alhamdulilah 29 santriwan-santriwati sudah diwisuda, dengan hafalan masing-masing santri ada yang berhasil menghafal 2 juz, 15 juz, bahkan ada juga yang 30 juz full.

” Pemerintah Desa Gunung Putri mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para pengurus Samaduha. Dengan anggaran yang sangat terbatas bahkan tidak dianggarkan dari dana-dana yang ada di desa, tapi mereka bisa berjalan di tiga tahun terakhir ini mengukir prestasi yang luar biasa sampai dari siswa-siswi Samaduha ini berhasil menjuarai beberapa lomba MTQ, baik di tingkat kecamatan dan kabupaten, ” ujar A Heri sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor.

Selain itu, sambung A Heri, pihaknya juga mengapresiasi atas kinerja dari para pengurus Samaduha. Juga kepada para orang tua siswa, dan pengurus MUI Desa Gunung Putri dan DMI Desa Gunung Putri yang terus memberikan satu kontribusi besar bagi pembangunan desa di bidang kerohanian.

“Saya sebagai kepala desa juga mengharapkan kepada para pengurus agar terus membangun desa ini di bidang spiritual, sehingga ada keseimbangan pembangunan antara duniawi dan ukhrowi. Tadi dalam acara pun kami memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang sudah berhasil berupa pemberian sertifikat, dan ada sedikit buah tangan untuk anak-anak, mudah-mudahan dengan pemberian ini semakin memberikan semangat kepada siswa-siswi untuk terus belajar,” ungkapnya.

Dengan adanya wisuda untuk para santri ini, A Heri menemukan satu pengalaman, dan satu keadaan yang luar biasa. Dimana mereka begitu antusias baik dari orang tua siswa maupun para siswanya sendiri dalam menempuh program Samaduha ini.

Turut hadir dalam kesempatan itu kordinator dari Program Sadesa (Satu Desa Satu Hafiz) dari Kabupaten Bogor, yang tadi juga mengapresiasi kepada pemerintah desa dan kepada guru-guru yang menjalankan program Sadesa.

“Tadi disampaikan bahwa Sadesa merupakan program Gubernur Jawa Barat ini baru pertama kali di Jabar ada turunannya yaitu Samaduha dan bahkan dari koordinator kabupaten juga mengatakan bahwa dia selalu memberikan informasi ke provinsi bahwa satu-satunya desa yang terus berupaya dan mengembangkan program Sadesa hanya Desa Gunung Putri, ” bebernya.

Bahkan, lebih lanjut A Heri menyampaikan, dalam pertemuan-pertemuan juga diutarakan jika Desa Gunung Putri merupakan satu-satunya desa yang memiliki terobosan baru dalam pengembangan Sadesa dari program Provinsi Jawa Barat. Disamping itu pemdes juga memberikan pemaparan bahwa satu lembaga desa yang menjalankan program Samaduha ini memang tidak memiliki anggaran dan tidak rewel meminta kepada desa.

“Mereka bekerja dengan ikhlas dan tulus dalam membina anak-anak. Dan saya yakin, ditangan-tangan orang ikhlas inilah akan muncul nanti pemimpin-pemimpin baru di masjid-masjid yang ada di Desa Gunung Putri,” cetusnya.

“Karena lewat keikhlasan ini akan menghasilkan juga generasi ikhlas kedepannya, sehingga Desa Gunung Putri akan siap menerima estafet kepemimpinan dari para ustad-ustad yang sekarang sudah sepuh. Kemungkinan dalam 10 atau 20 tahun kedepan ini akan menjadi sebuah kekuatan baru dalam pembangunan, khususnya pembangunan di Desa Gunung Putri, ” pungkasnya mengakhiri. 

Untuk diketahui, berikut nama-nama santri beserta pencapaian hafalannya yang berhasil dibina dari program Samaduha.

A. Kategori 1 Juz ( Juz 30)

1.Muhammad AL- Fatih 2.Aliefya Rava Permana 3.Naufa Salma Hanifah 4.Shakila Adzkia Mursyida 5.Muhammad Dzaki AL-Habsih 6.Alfia Saida Husna 7.Azmi Alawdin 8.Hilda Khoerunisa 9.M.Fardhan Awaludin 10.M.Fadlan Raja Fadilah 11.Muhammad Irham Fahri 12.Dzakiy Almer Jamail Aziz 13.Ranupani Jagad Sugianto

B.Kategori 2 Juz (Juz 29 dan Juz 30)

1.Kayla Putri Azzahra 2.Gitanna Fira Rahmawati 3.Zaskia Firdiah 4.Cinta Nadia Shendy 5.Rezkya Aliya Putri 6.Nayya Syakila Putri 7.Aiman Raffa Muawan 8.Adelia Lutfiati

C.Kategori 3 Juz

1.Deliana Aisya Putri Bilqis 2.Naila Asma Amaliya 3.Fatih Pradesya 4.Muzhafar Prihartono

D.Kategori 10 Juz

1.Daffa Ardhan Putra Pradesya 2.Dannisa Mulya Adiba 3.Siti Adillah Rahmawati

E.Kategori 30 Juz

1.Imam Fatkhu Soleh

 ** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles