28.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Pemerintah Kecamatan Gunung Putri Laksanakan Vaksinasi Serentak, Ini Pesan Didin Wahidin 

Gunung Putri | Jurnal Bogor  

Kementerian Kesehatan menggencarkan program vaksinasi polio untuk anak usia 09 sampai 59 bulan, yang dilaksanakan secara serentak di wilayah kabupaten dan kota, Senin (03/04/2023). 

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Rochady HS Wibawa, imunisasi harus dilaksanakan secara penuh atau dalam dua tahap agar tuntas. 

“Sedikitnya 95 persen dari target di Jabar, yakni 3,9 juta balita harus tercapai,” ujar Rochady yang menghadiri vaksinasi massal di Kecamatan Gunung Putri.

Menurutnya, vaksinasi akan dilakukan di seluruh Puskesmas dan Posyandu serta tempat lain yang ditunjuk. 

“Seperti sekolah taman kanak-kanak. Seminggu kemudian setelah dilaksanakan vaksin, tim akan melakukan sweeping mencari balita yang belum terjangkau vaksinasi,” paparnya kepada Jurnal Bogor, Senin (03/04).

Untuk jenis vaksin sendiri, sambung Rochady, ada dua jenis vaksinasi polio. Pertama berupa vaksin oral atau tetes, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping pada balita seperti badan menjadi panas atau demam.

“Dari 250 juta vaksinasi di dunia tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Namun memang ada pengecualian, dimana vaksin jangan diberikan kepada anak yang sedang dalam kondisi daya tahan tubuh lemah, akibat sakit panas atau demam tinggi, diare atau menderita HIV,” paparnya.

“Petugas vaksin juga sudah siap untuk melaksanakan imunisasi serentak di Jabar, ” tambahnya.

Sementara Camat Gunung Putri, Didin Wahidin mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu takut dan datangi Puskesmas atau Posyandu dimana vaksinasi polio dilaksanakan secara serentak di seluruh desa yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Putri.

” Sub PIN Polio ini sangat penting untuk dilaksanakan dan mari kita bersama-sama menjaga proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan pemberian imunisasi yang teratur agar generasi muda kita nantinya dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles