29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Resmi Dimulai, Bangunan Huntap di Nanggung Diharapkan Jadi Percontohan

Nanggung l Jurnal Bogor 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) telah merealisasikan dengan dimulainya pembangunan permukiman kawasan hunian tetap (huntap) bagi korban bencana alam yang terjadi pada awal tahun Januari 2020 lalu. 

Salah satu pembangunan huntap yang tengah berlangsung yakni di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung.

Ketua Kelompok masyarakat (Pokmas) pada pembangunan huntap di Desa Nanggung  H Yusep mengatakan, secara berkala pembangunan hunian tetap dalam proses pengerjaan.

“Sudah  berlangsung, diharapkan  kualitas pembangunan huntap di Nanggung menjadikan percontohan,” kata Yusep kepada Jurnal Bogor, Rabu (29/3).

Yusep yang merupakan mantan anggota dewan Kabupaten Bogor mengungkapkan dari sejumlah huntap yang telah berjalan pelaksanaan pembangunan sebanyak 14 unit rumah. “Mengawali pembangunan huntap yakni di Kampung Kebon Awi,” jelasnya.

Yusep menyebut  pembangunan tersebut merupakan tindak lanjut seiring telah dilakukan cut and fill (perataan lahan) sejak 2022 lalu.

“Sudah lama dinantikan masyarakat, kini pada penuntasan pembangunan huntap pascabencana tanah longsor dan pergerakan tanah. Diharapkan pada Juni 2023 pembangunan huntap bisa rampung,” paparnya.

“Huntap relokasi dibangun sebagai  kawasan permukiman baru  terlebih untuk kepentingan bagi warga korban bencana alam. Bangunan huntap, utamanya sesuai sfek yang sudah ditentukan.” tandasnya.

Sementara anggota Pokmas pembangunan huntap, RW Amung menerangkan, dari 82 huntap dibangun di wilayah Kampung Kebon Awi RW 02, serta Kampung Pasir Peuteuy RW 06.

“Secara berkala pembangunan huntap dimulai di Kampung Kebon Awi, kemudian huntap akan dibangun di Kampung Pasir Peuteuy,” terang Amung.

Sementara salah satu korban bencana alam, Ujen mengaku bersyukur dengan dibangunnya huntap yang sudah lama ditunggu- tunggu masyarakat.

“Adanya pembangunan huntap, baik Pemerintah Desa, BPBD dan DPKPP serta pihak lainnya kami ucapkan terimakasih,” ungkap Ujen mengakhiri. 

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles