28.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

TP PKK Sukamakmur Fokus Berdayakan Perempuan

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Sukamakmur merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor yang memiliki banyak potensi, baik sektor pariwisata, perkebunan, maupun pertanian. Peran wanita menjadi salah satu faktor penting dalam berkembangnya ekonomi di Kecamatan Sukamakmur. Pasalnya, sebagian besar wanita di Kecamatan Sukamakmur ikut membantu suaminya dalam mencari nafkah.

Selain mengurusi kepentingan rumah, para wanita di Kecamatan Sukamakmur aktif melakukan kegiatan seperti berdagang, berkebun, dan bertani. Hal ini patut diapresiasi karena lewat kontribusi tersebut, para keluarga di Kecamatan Sukamakmur dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 

“Sebagian besar sih berdagang, ada juga yang ikut bantu suami di kebun, ada juga yang bertani. Tapi banyak juga yang ikut usaha sekitar desa bikin keripik sama bikin boneka,” ujar Ketua TP PKK Kecamatan Sukamakmur, Erni Rohaeni kepada Jurnal Bogor, Kamis (16/03/23).

Menurut dia, produk kerajinan yang dihasilkan para wanita di Sukamakmur sangat membantu perekonomian keluarga. Selain itu, kondisi geografis yang cukup tinggi membuat lahan pertanian di Kecamatan Sukamakmur sangat subur dan berpotensi tinggi memproduksi hasil tani yang melimpah jika diolah dengan baik.

 “Ibu-ibunya kalo diajak pasti mau gerak, antusiasmenya tinggi,” ungkapnya.

Erni mengatakan antusias ibu-ibu di Kecamatan Sukamakmur sangat besar dalam ikut membantu perkembangan ekonomi keluarga. Dari antusiasme yang besar tersebut, tidak sulit bagi TP PKK Kecamatan Sukamakmur dalam ikut membina para wanita dalam ikut serta membangun ekonomi di sekitar kecamatan Sukamakmur.

 “Kondisi ini didukung juga dengan status demografi yang menunjukan rata-rata usia wanita di Kecamatan Sukamakmur merupakan usia produktif. Hal ini pastinya menjadi keuntungan bagi warga di sekitar Kecamatan Sukamakmur yang mendapatkan peluang besar dalam mengembangkan potensi wanita di sektor perkembangan ekonomi keluarga. Rata-rata masih muda ya, usia produktif, rentang usia 25 sampe 40 tahunan,” tandasnya.

** Taufik / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles