26.2 C
Bogor
Tuesday, May 14, 2024

Buy now

spot_img

Dapat Bantuan Bibit Ikan Nila, Desa Gunung Putri Siap Jadi Desa Swasembada Perikanan 

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Terus melakukan inovasi untuk warga dan desanya, Pemerintahan Desa Gunung Putri kembali mendapatkan bantuan. Kali ini Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor melalui kelompok tani ikan yang ada di Desa Gunung Putri memberikan sebanyak 4.500 bibit ikan Nila yang akan disebar ke 100 kolam yang ada di wilayah desa.

” Alhamdulilah Desa Gunung Putri kembali mendapat bantuan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor berupa bibit ikan Nila sebanyak 45 kantong dengan jumlah kurang lebih 4500 ekor,” ujar Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri kepada Jurnal Bogor, Selasa (14/03/23).

Menurunnya, dalam pembagian benih ikan juga turut dihadiri oleh fasilitatornya yaitu dari Fraksi Golkar H. Amin Sugandi yang memberikan langsung secara simbolis kepada kelompok-kelompok  perikanan di Desa Gunung Putri yang langsung dibentuk saat itu juga.

“Dengan sudah terbentuknya kelompok tani ikan mudah -mudahan dengan adanya bantuan dari Disnakan ini akan menambah semangat, menambah solid untuk menjadikan Desa Gunung Putri sebagai desa swasembada perikanan, ” harap A Heri sapaan akrabnya.

Dirinya sebagai Kepala Desa Gunung Putri terus menerus akan memberikan bantuan untuk warga yang memang ingin maju dan berkembang, baik untuk pelatihan agar bisa menambah wawasan tentang perikanan maupun bantuan pakan yang nanti akan dikerjasamakan dengan BSF rumah maggot Desa Gunung Putri dan juga bibit-bibit nanti akan kita carikan kembali jika memang dibutuhkan oleh warga.

“Saya bersyukur antusias dari warga kelompok tani ikan ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan terus bertambah dan berkualitas serta memilki management perikanannya yang baik. Kedepan, akan kami buatkan pelatihan lebih detailnya, mulai dari manajemen, bentuk kolam hingga pemeliharaannya agar bisa berhasil sampai panen,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Perikanan Desa Sutisna mengucapkan banyak terimakasih atas support dari Kepala Desa Gunung Putri yang sudah mencarikan chanel untuk bibit ikan sehingga 100 kolam yang tersebar bisa terpenuhi semua.

“Berharap kedepannya untuk setiap kelompok di lingkungan bisa memanfatakan bantuan dengan baik, sehingga nantinya taraf ekonomi pun bisa meningkat. Jangan sampai bantuan yang sudah ada didepan mata disia-siakan,” ungkapnya.

Kedepan, sambung Sutisna, akan merencanakan pelatihan guna menambah wawasan petani ikan, baik dari manajemen, pemasaran maupun pemeliharaannya sehingga tidak ada istilahnya gagal panen.

** Nay Nur’ain 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles