Home Edukasi Amalkan Trisatya dan Dasa Darma, SDN Pengadilan 2 Gelar Persari dan Persami

Amalkan Trisatya dan Dasa Darma, SDN Pengadilan 2 Gelar Persari dan Persami

Kegiatan Persari dan Persami di SDN Pengadilan 2 Bogor

Bogor | Jurnal Bogor

Gugus Depan 05.067-05.068 SDN Pengadilan 2 Bogor menggelar Perkemahan Satu Hari (Persari) dan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) pada Sabtu (11/3) dan Minggu (12/3) di halaman sekolah di Jalan Gedong Sawah Nomor 12, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Persari dan Persami ini untuk mendidik anggota Pramuka SDN pengadilan 2 mengamalkan Trisatya dan Dasa Darma. “Selain sarana untuk membina supaya bisa berprestasi di ajang kejuaraan, anak-anak juga bisa mengamalkan Dasa Darma dan Trisatya, lalu Dwi Darma dan Dwi Satya Pramuka. Untuk melatih disiplin, kebersamaan, kekompakan, dan gotong royong,” kata salah satu pembina pramuka Pedubor, Kak Jaka.

Acara Persari dan Persami yang mengusung tema “Satya Ku Darmakan Darma Ku Baktikan” itu dimulai Sabtu pagi pukul 7.30 – 13.00 WIB untuk siswa kelas 3 dan 4 (Persari) dan kegiatan Persami yang diikuti siswa kelas 5 dan 6 dimulai pukul 14.00 – 08.00 WIB.

Kegiatan Persari Siaga diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah  SDN Pengadilan 2 Bogor, Ida Widiawati S.Pd,I  selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan dan dihadiri juga oleh para guru yang jadi pembina pramuka. Berikutnya acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan Persari Siaga yang dipimpin oleh wakil Ketua Sulung  Siaga Athaya Rizal Putra Suwarna.

Setelah kegiatan upacara pembukaan selesai, berikutnya dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan berbagai macam lomba yang sangat dinanti oleh anak anak pramuka SDN Pegadilan 2 ini. Adapun jenis kegiatan yang dilombakan diantaranya lomba kelereng, lomba estafet karet dan puzzle pasang gambar tunas kelapa.

Acara lomba berlangsung seru dan ramai karena memang kegiatan yang dikemas dalam bentuk game ini sangat ditunggu peserta. Dari tujuh regu barung yang ikut lomba akhirnya untuk kategori lomba kelereng dimenangkan regu barung hijau, lomba estafet karet oleh regu barung biru dan lomba puzzel tunas kelapa dimenangkan regu barung ungu.

Kegiatan Persari akhirnya berakhir pada pukul 13.00 Wib ditutup oleh Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan upacara penutupan yang dipimpin Ketua Sulung M.Dirly Aprilio.

“Kegiatan permainan yang dikemas dalam bentuk game di acara Persari Siaga ini memang yang paling di tunggu  karena usia anak kelas 3-4 memang lagi masa masanya senang bermain, jadi mereka semangat saat mengikuti kegiatan Persari ini,” jelas Kak Jaka.

Sesuai dengan susunan acara, selanjutnya pada pukul 14.00 wib kegiatan Persami Penggalang dimulai. Sama dengan acara Persari, Persami Penggalang juga dibuka oleh Kepala Sekolah Ida Widiawati S.Pd,I dilanjutkan dengan upacara pembukan yang dipimpin oleh ketua sulung Josi Michael Nainggolan.

Kegiatan Persami Penggalang pada Sabtu tersebut dibagi menjadi dua sesi, untuk materi pertamanya persiapan shalat magrib dilanjut ceramah dan persiapan untuk shalat Isya sedangkan materi yang kedua adalah materi yang paling ditunggu oleh anak anak penggalang yaitu persiapan api unggun dan wisata malam ke pulau kapuk alias tidur di kelas yang dimulai pukul 21.30-01.00 WIB.

Setelah kegiatan api unggun dan tidur malam selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan jalan-jalan malam di seputar Jalan Ir.Haji Djuanda, tepatnya di depan Kebun Raya Bogor dan sekitarnya dimulai pukul 01.00 – 03.00 WIB.

Kemudian setelah lelah jalan-jalan malam, anak anak penggalang istirahat dilanjut dengan renungan malam dan persiapan shalat Shubuh. Menjelang pagi hari sekitar pukul 5.00 – 7.30 kegiatan persiapan olah raga dan sarapan pagi menjadi rangkaian terakhir acara. Dan pada pukul 7.45 acara resmi ditutup ditandai dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Muhayar selaku Pembina Gudep.

ed*

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version