33.7 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Camat Gunung Putri Apresiasi Desa yang Berprestasi dan Terus Berinovasi

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Keberasilan sejumlah inovasi yang dicapai oleh 10 desa yang ada di Kecamatan Gunung Putri, Camat Didin Wahidin menyebut baru mencapai 40 persen dari 100 persen. Meski demikian, dia mengapresiasi inovasi tersebut.

“Kemajuan desa itu tergantung pandangan dan pola pikir dari kepala desa itu sendiri, kita semua tahu anggaran yang didapat desa memang sangat terbatas dan sudah diatur pula untuk peruntukannya. Tapi jika kepala desa hanya terpaku terhadap anggaran yang diserap, desa tidak akan bisa berinovasi dan perkembangan kemajuannya pun pasti lamban,” ujar Camat Didin kepada Jurnal Bogor, Kamis (08/03/23).

Menurutnya, ada beberapa desa di Kecamatan Gunung Putri yang selalu menjadi sasaran percontohan bahkan kunjungan dari luar daerah. Harusnya, prestasi yang diraih desa tetangga ini bisa dicontoh untuk desa tetangganya. Kita harus legowo dan mengakui kelebihan desa tetangga kita jika mampu berinovasi dan bisa meraih sederet prestasi.

“Jika kendalanya ada dipersoalan anggaran, kenapa desa ini bisa dan desa lain tidak bisa. Kenapa kepala desa ini bisa tapi kepala desa lain bilang sulit, nah persoalannya berarti bukan hanya dianggaran melainkan dikemauan. Mau atau tidak kepala desa tersebut mendongkrak dan membangun inovasi di desanya,” paparnya.

Sekarang kita lihat, sambung Didin, sudah berapa tahun desa mendapatkan kucuran dana dari APBN. Sekarang ditambah dari APBD, mengapa hanya terfokus diinfrastruktur saja, padahal jika dicermati, spesifikasi uji beton itu bisa mencapai umur 10 sampai 15 tahun, dan untuk aspal 5 tahun.

“Tapi faktanya masih ada kepala desa yang hanya berkutat saja diinfrastruktur, itu lagi dan itu lagi yang dibenahi. Ayo dong inovasi warganya agar berkembang, siap bertarung dengan dunia dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Lambat laun, mungkin dana dari pemerintah akan dihilangkan. Jadi, mari mulai inovasi dan gali potensi dari sekarang,” cetusnya.

Lebih lanjut Camat Didin mengatakan jika di Kecamatan Gunung Putri ini ada beberapa desa yang sering mendapatkan kunjungan dari luar akan inovasi-inovasinya. Jangan jauh-jauh untuk studi banding, tetangga kita berprestasi , bisa dicontoh dan diaplikasikan.

“Masa desa dari luar pulau saja mengakui kehebatan desa di Kecamatan Gunung Putri, tapi kita desa yang tetanggaan gak mau belajar. Berinovasi didesa tetangga anggaran bisa terjangkau ilmu bisa didapat secara gratis, mari berpikir cerdas dan realistis,” tandasnya.

Dirinya juga mengucapkan juga terimakasih kepada desa-desa yang sudah membawa nama Kecamatan Gunung Putri jadi terkenal, terimakasih sudah berprestasi dan berinovasi karena dengan prestasi yang diraih bukan hanya nama desanya yang dikenal orang, melainkan nama Kecamatan Gunung Putri dan Kabupaten Bogor juga turut disebut dengan prestasi yang diraih oleh para kepala desa.

“Pesan saya, jangan bosan untuk menggali inovasi di desa masing-masing. Siapkan bibit-bibit unggul untuk menjadi penerus dimasa depan kelak,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles