31.1 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Program CSR 2023, Antam UBPE Pongkor Alokasikan Duit Rp 2,8 Miliar

Bogor | Jurnal Bogor

PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, pada tahun 2023 ini mengalokasikan anggaran Rp 2,8 miliar untuk melaksanakan program tanggungjawab sosial perusahaan pada lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Dana CSR itu nantinya akan digunakan untuk membenahi infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di 11 desa binaan perusahaan yang berada di Kecamatan Nanggung. Agar anggaran CSR yang dikucurkan perusahaan memberikan manfaat kepada masyarakat dan tetap sasaran, Antam UBPE Pongkor, baru-baru ini menandatangani nota kesepamahan multi pihak.

“Penanadatangan nota kesepamahan itu melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Inspektorat Kabupaten Bogor, disaksikan Guru Besar Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof. Fernandes Simangunsong,” kata manajemen Antam UBPE Pongkor, dalam keterangan tertulisnya kepada Jurnal Bogor, Selasa (28/02).

Sebagai informasi, duit CSR yang akan digelontorkan Antam UBPE Pongkor, ke 11 desa binaan di Kecamatan Nanggung, dialokasikan untuk membiayai program-program yang sudah masuk di dalam APBDes.

Pada Rabu (22/02) lalu, PT Antam UBPE Pongkor, bersama seluruh anggota DPRD Kabupaten Bogor, dari daerah pemilihan (Dapil) V, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcan) Nanggung, beberapa kepala Puskesmas, unsur pendidikan, bertempat di salah satu hotel di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, membahas program-program yang akan dibiayai dana CSR Antam.

“Musyawarah Pemberdayaan Masyarakat Desa (Muspemasdes) membahas, menyelaraskan, serta menyepakati program pembangunan yg bersumber dari Dana CSR/TJSL PT Antam UBPE Pongkor tahun anggaran 2023. Muspemasdes ini untuk mencegah program yang disusun tumpang tindih sumber dananya. Tapi yang pasti semua program yang disusun sudah mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” sebut manajemen Antam UBPE Pongkor, dalam keterangan.

Prof. Fernandes mengapresiasi, kepedulian Antam UBPE Pongkor, karena konsisten merealisasikan program tanggungjawab sosial perusahaan pada lingkungan.

“Dana CSR Antam Pongkor ini sebagai solusi untuk membiayai program usulan masyarakat yang tidak terakomodir oleh sumber dana desa, Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (DBHPRD) bantuan keuangan (Bankeu) Pemerintah Kabupaten Bogor maupun Bankeu dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Fernandes menutupi.

** Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles