26.4 C
Bogor
Wednesday, May 8, 2024

Buy now

spot_img

Jadi Narsum Acara Puncak HPN dan HUT PWI Kabupaten Bogor, Ini Janji Iwan Setiawan

Sukaraja | Jurnal Bogor 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, H. Iwan Setiawan mengapresiasi terkait terselenggaranya Diskusi Publik yang digagas yang panitia HPN 2023 PWI Kabupaten Bogor.

Iwan mengatakan, sesuai dengan tema yang diusung dalam Diskusi Publik yakni “Pers Dalam Pusaran Politik Pilkada”, dimana dalam pembahasan persiapan Pilkada 2024 untuk anggarannya telah siap.

“Untuk anggaran pemilu serentak 2024 insha Allah sudah siap,” kata Iwan dalam sambutannya sebagai pembicara diacara diskusi publik tersebut di M-One Hotel Sukaraja, Senin (27/2/27).

Iwan menyatakan, dalam peran insan pers saat pemilu serentak 2024 tersebut, diharapkan juga insan media perlu adanya edukasi, adapun terkait infrastruktur sebagai penunjang perhelatan pemilu juga telah siap.

“Bahkan dari Sumber Daya Manusia (SDM)  mulai dari Pileg, Pilpres, dan Pilkada saya katakan sudah sangat lengkap. Karena untuk perihal itu kami dari Pemerintah Kabupaten Bogor terus mengawalnya,” jelasnya.

Dirinya meminta, untuk peran pers dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang, diharapkan dapat memberikan informasi yang baik terkait pesta demokrasi tersebut. Menurutnya, pers adalah pilar keempat atau sebagai messenger (pembawa pesan) kepada masyarakat luas.

“Dan kami ingin meminta juga untuk semua pihak dapat menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Bogor dalam menghadapi Pileg, Pilpres, dan Pilkada di bulan November 2024 nanti,” pintanya.

Bagi orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman itu, peran insan pers sangat penting dalam menginformasikan berita yang akurat dan kredibel, serta bisa mengedukasi bagi para pembaca setianya.

Intinya, sambung Iwan, keberadaan pers ini sangat sentral dan  memberikan energi positif yang edukatif terhadap masyarakat bagaimana pembelajaran kepada masyarakat Bumi Tegar Beriman khususnya.

“Hari ini saya melihat, terkait pribadi kita dalam mengakses media sosial sudah sangat gampang melalui gadget masing-masing melalui Google, hal itu tentunya sangat dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia maupun dunia bila ingin mengetahui portofolio seorang calon kepala daerah. Makanya saya sampaikan bahwa peran pers itu sangat penting saat pilkada nanti,” tegasnya.

Lebih jauh Plt Bupati Bogor memaparkan, ditahun 2023 ini dirinya mengintruksikan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk berperan bagi PWI Kabupaten Bogor dalam menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tujuannya agar anggota PWI yang belum berkesempatan mengikuti program UKW untuk menjadi jurnalis yang kredibel dan profesional.

“Mudah-mudahan tahun 2023 untuk program UKW yang diinginkan oleh anggota PWI Kabupaten Bogor khususnya bisa kita support secara penuh. Saya perintahkan kepada Kadiskominfo Kabupaten Bogor yakni Bayu Rahmawanto bisa mengakomodirnya segala yang dibutuhkan,” janji Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di puncak acara HPN 2023 dalam kegiatan Diskusi Publik tersebut.

Menanggapi itu, Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo merasa sangat senang dengan janji yang dilontarkan oleh pemimpin Bumi Tegar Beriman itu dalam penyelenggaraan UKW tersebut.

Pasalnya, kata Subagiyo, dari total 100 anggota PWI Kabupaten Bogor yang tercatat di bidang Organisasi Keprofesian dan Kewartawanan (OKK), baru 60 persen yang telah mengikuti dan lulus Uji Kompetensi Wartawan.

“Yang mungkin belum mengikuti UKW untuk anggota PWI Kabupaten Bogor secara khususnya kurang lebih masih ada 40 persenan dari total 100 orang yang tercatat sebagai bagian dari keanggotaan di organisasi kewartawanan ini,” jelasnya.

“Tak lupa saya ucapkan rasa terima kasih atas penyampaian Plt Bupati Bogor bahwa Pemkab Bogor siap hadir dalam mendukung penuh penyelenggaraan UKW tingkat Kabupaten Bogor di tahun 2023 ini,” sambungnya.

Sebelumnya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor sukses selenggarakan Diskusi Publik sebagai giat dari puncak peringatan HPN 2023 & HUT PWI ke-77 di M-One Hotel Sukaraja, Senin (27/2/23).

Sementara dalam diskusi publik yang disajikan panitia HPN 2023 tingkat Kabupaten Bogor, dihadiri mulai dari Ketua DPC Partai Gerindra, H. Iwan Setiawan sekaligus sebagai Plt Bupati Bogor, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor Bayu Syahjohan, Cabup Bogor 2024-2029 Ade Ruhandi (Jaro Ade), Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Demokrat Asep Wahyuwijaya, Pengamat Kebijakan Publik dan pemerintah Yusfitriadi, Ketua IJTI Bogor Raya Niko Kompas TV, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Suryanto Putra, perwakilan DPC Paertai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bogor, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi Hanura Daen Nuhdiana, Ketua DPD Partai Perindo Yudia Irawan, Ketua DPC Partai Demokrat Dede Chandra Sasmita (Kang Dechan), Kadishub Agus Ridhallah, Kadiskominfo Bayu Rahmawanto, Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat, perwakilan Kadin Kabupaten Bogor Achmad Hidayat, Ketua PFI Bogor Bogor Hendi Novian (Kozer), beserta para tamu undangan lainnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles