31.6 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Warga Cikahuripan Sambut Positif Program PTSL

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSl) di Desa Cikahuripan, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, direspons positif oleh warga. Pasalnya, masih banyak warga yang sudah bertahun-tahun memiliki lahan namun belum memproses kepemilikan lahan menjadi sertifikat. Warga berharap, program ini dapat berjalan dengan baik dan pemilik lahan dapat segera memiliki sertifikat.

“Kalau saya sangat senang adanya program PTSL ini, karena memang tanah milik saya sudah lama ingin dibuat sertifikat tapi karena gak ada uang jadi gak bisa buat sertifikat,” kata salah satu warga Desa Cikahuripan, Adit kepada Jurnal Bogor, Kamis (23/02/23).

Menurutnya, warga asli Desa Cikahuripan pada umumnya memang belum memiliki sertifikat sebagai bukti atas kepemilikan lahan. Pasalnya, warga menganggap jika proses pembuatan sertifikat itu mahal sehingga harus menyiapkan anggaran khusus. Sementara warga juga banyak yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jangankan untuk mengurus pembuatan sertifikat yang harus mengeluarkan biaya. Untuk keperluan sehari-hari saja kadang masih pas-pasan. Makanya para pemilik tanah disini, khususnya warga asli belum pada punya sertifikat,” ucapnya.

Dirinya berharap, program PTSL ini benar-benar dapat bermanfaat bagi warga dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi dengan adanya program ini.

“Ya kami berharap dapat meringankan warga jangan dikenakan biaya yang besar, karena informasinya kan program ini gratis. Tapi biasanya kan tetap aja ada biaya buat operasional atau apalah,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Cikahuripan, Encin mengatakan, Desa Cikahuripan mendapat alokasi sebanyak 1500 berkas untuk program PTSL. Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan dan pemberkasan terhadap warga/pemilik lahan yang nantinya menerima program tersebsut.

“Saat ini masih pendataan dan pematokan lahan yang datanya sudah lengkap. Kalau untuk jumlah, kami mendapat alokasi sebanyak 1500 berkas yang nantinya akan dijadikan sertifikat,” pungkasnya.

** Taufik/ Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles