34.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Kenalkan Dirimu dengan Ilmu, Taqwa dan Prestasi

Bogor | Jurnal Bogor

Ilmu memang berarti pengetahuan, tetapi pengetahuan yang memiliki sifat-sifat tertentu dan disusun secara sistematis, yaitu pengetahuan yang diperoleh melalui jalan keterangan.

Istilah ilmu berasal dari bahasa Arab عِلْم yang berarti pengetahuan atau kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu.

Ilmu itu penting karena ilmu adalah cahaya kehidupan dalam kegelapan yang menuntun manusia ke jalan yang benar. Dan kepada orang-orang yang berilmu, Allah berjanji akan ditinggikan derajat sebagai orang-orang yang mulia bersama orang-orang yang beriman.

Selain berilmu, kenalkan dirimu dengan taqwa, yaitu perlindungan diri terhadap murka dan azab Allah dengan melakukan apa yang Dia perintahkan dan menjauhi segala larangan-Nya, biasakan diri dengan taqwa.

Dengan kata lain, taqwa adalah upaya melindungi diri dari berbagai bentuk kemaksiatan. Dalam Alquran dikatakan:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.”

Hidup di dunia tidak hanya menambah ilmu dan taqwa, tetapi juga prestasi, baik bagi wanita maupun pria. Setiap orang berhak untuk berprestasi.

Prestasi itu sendiri adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan suatu kegiatan. Ini adalah hal penting yang harus dicapai oleh setiap individu.

Prestasi dapat memotivasi seseorang untuk mencapai sesuatu yang lebih dari prestasi mereka sebelumnya atau untuk tampil di bidang lain.

** Qurratul Ain Arifah B/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles