28.2 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

6 Faktor Terpenting yang Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

Bogor Jurnal Bogor

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya, ada enam faktor utama yang paling berpengaruh. Apakah ada sesuatu? Berikut ikhtisarnya.

1.Udara
Pencemaran udara sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tidak dapat dipungkiri lagi. Udara yang kita hirup setiap hari tentu sudah tercemar. Pencemaran kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok merupakan faktor dominan penyebab pencemaran udara.

Alangkah baiknya jika kita melakukan beberapa hal proaktif untuk meminimalkan risiko polusi udara. Hal ini bisa dilakukan dengan menghijaukan pekarangan kita dengan menanam pohon di sekitar rumah agar lingkungan kita tetap segar.

2.Air
Air merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Tentunya tubuh kita membutuhkan air yang bersih dan sehat agar semua organ tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Air hitam dan tercemar memperburuk kualitas kesehatan kita. Pastikan air yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari bebas dari polutan dan bakteri.

3.Makanan dan minuman
Apakah kita mengetahui makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari selama bertahun-tahun? Apakah Anda yakin makanan dan minuman ditangani dengan sangat bersih?.

Jika kita tidak yakin, sebaiknya makanan dan minuman tersebut buatan sendiri, dibuat dengan bahan alami dan tanpa bahan kimia, seperti makanan organik.

4.Keseimbangan emosional
Emosi berkontribusi pada kesehatan. Emosi sering dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Dewasa ini, banyak ahli yang menekankan pentingnya kecerdasan emosional karena cukup penting dalam menjaga kesehatan.

Agar emosi Anda tetap stabil, bertindak dan ekspresikan diri Anda secara alami dalam kehidupan sehari-hari.

5.Rutin Berolahraga
Jika gaya hidup kita sehat termasuk olah raga teratur maka tubuh kita bisa dikatakan sehat. Hampir semua orang tahu dan setuju akan pentingnya olahraga. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya.

Luangkan waktu beberapa menit untuk berolahraga setiap hari. Tidak harus olahraga yang sulit dan menguras tenaga, tapi lakukan olahraga ringan yang bisa kita lakukan di rumah.

6.Istirahat yang cukup
Tidur merupakan ritual yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya Allah menciptakan siang dan malam. Jadi bagian dari hari yang kita lalui dihabiskan untuk istirahat, dalam hal ini tidur.

Tidur diperlukan untuk mengistirahatkan tubuh kita setelah bekerja keras. Saat kita tidur, metabolisme tubuh bekerja, mulai dari meremajakan sel hingga mengeluarkan berbagai racun dari dalam tubuh.

Jangan remehkan tidur. Kualitas tidur tidak diukur dari berapa lama kita tidur atau tidak. Tidur dalam suasana hati yang tenang sehingga Anda bangun dengan segar.

Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Selain olahraga teratur, perhatikan makanan dan kebiasaan sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

** Rahma Tiara Putri/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles