24.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Manfaat Surat Al-Waqiah Bagi Kehidupan Sehari-hari

Bogor | Jurnal Bogor

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

Hadits tersebut senada dengan apa yang diriwayatkan oleh Abu Syuja, yang intinya bahwa salah satu keutamaan Surat Waqiah adalah menghindarkan diri dari kemiskinan.

“Barangsiapa membaca surat Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan.” (HR. Abu Syuja)

Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini berjumlah 96 ayat termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Lalu apa manfaat membaca Surat Al Waqiah pada kehidupan sehari-hari?

1. Memperoleh Rezeki atau Kekayaan Berlimpah

Khasiat membaca Surah Al Waqiah yang pertama adalah memperoleh rezeki atau kekayaan melimpah. Terutama jika surat ini diamalkan setiap kali menunaikan sholat Ashar, maka seseorang akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang didapat dan tidak akan habisnya.

“Ajarkanlah surat Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Karena sebenarnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

2. Dijauhkan dari Kemiskinan

Seperti hadits-hadits yang telah disebutkan, apabila seseorang membiasakan untuk membaca Surah Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan fadhilah yang sangat berarti yakni dijauhkan dari kemiskinan untuk selamanya.

3. Ditunaikan Hajatnya Berhubungan dengan Rezeki

Jika seseorang membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majlis atau dengan duduk, maka insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Dijadikan Hartawan dan Dermawan

Mengamalkan surat Al Waqiah yang dibacakan sebanyak 3 kali sesudah selesai sholat subuh dan juga 3 kali sesudah menunaikan sholat isya, maka insha Allah tidak akan berlalu masa tersebut, yang akan menjadikan seseorang sebagai hartawan dan juga dermawan yang selalu bersyukur.

5. Mempermudah Roh Keluar dari Jasad

Mengamalkan surat Al Waqiah juga mempermudah roh keluar dari jasad. Terutama jika dibacakan saat berada di dekat orang yang sedang nazak (hampir meninggal). Dengan surat ini, maka orang tersebut diyakini tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

6. Diringankan Sakitnya

Apabila surat Al Waqiah dibacakan di sisi orang yang sedang sakit, maka diyakini akan dipermudahkan untuknya kesembuhan dan juga diringankan penyakitnya.

7. Pengingat akan Kematian

Kematian merupakan salah satu misteri ilahi. Maka dari itu, agar tetap menjaga iman dan terlindung dari kekafiran sebelum datangnya ajal hendaknya membaca surat Al Waqiah. Membaca surat ini dengan hati yang terbuka membuat kita dapat mengingat kematian dan memperbaiki diri sebelum kematian itu tiba.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab. Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa yang membaca surat al Waqi’ah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang yang lalai.”

Source: Merdeka.com

** Disya Firnanda/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles