29.7 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

CJ ENM Pertimbangkan Akuisisi Saham SM Entertaiment Gabung dengan Kakao

Bogor | Jurnal Bogor

CJ ENM pada Selasa (14/2/2023) mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi SM Entertaiment setelah mendapat saran dari Kakao.

Beberapa waktu lalu, Lee Sooman merencanakan menuntut perusahaan SM entertaiment karena co-CEO SM Entertainment Lee Sung Soo dan Tak Young Joon yang menyetujui proposal kerjasama dengan Align Partners (Kakao) tanpa sepengetahuan dari Lee Soo Man sebagai pemegang saham tertinggi di SM Entertaiment. Lee Soo Man meminta bantuan HYBE dan setelahnya HYBE membeli 14,8% saham Lee Soo Man.

Saat ini, CJ ENM bergabung dalam perang tersebut. Dilansir dari koreaboo.com, menurut IB dan orang dalam industri hiburan, mereka sedang mendiskusikan syarat yang diajukan oleh Kakao terkait keikutsertaan dalam akuisisi saham di SM Entertainment dan berencana untuk membeli 19,9% saham bersama untuk menjadikan mereka pemegang saham terbesar.

Diketahui bahwa CJ ENM sebenarnya sudah mengincar akuisisi saham SM Entertainment sejak awal 2021, saat Lee Soo Man pertama kali diumumkan akan menjual sahamnya. CJ ENM menarik diri ketika Lee Soo Man meminta untuk mempertahankan perannya yang ada di perusahaan meskipun ada penjualan saham.

Jika akuisisi tersebut berhasil, maka akan meningkatkan posisi CJ ENM pada industri hiburan. Mereka dikenal memiliki jaringan hiburan terbesar di Korea, tetapi tidak memiliki kekayaan intelektual (IP) yang melibatkan artis dan K-Pop. Situasi keuangan CJ ENM saat ini sedang menurun. Rasio kas mereka menurun dari 63,9% menjadi 31,2% pada tahun lalu. CJ ENM sebagai perusahaan besar, mungkin dapat mengumpulkan dana atau menerima pinjaman untuk masalah tersebut.

** Venda/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles