29.6 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Post Concert Depression: Gejala Usai Menonton Konser

Bogor | Jurnal Bogor

Hadirnya pandemi Covid-19 beberapa tahun kebelakang membuat banyak kegiatan tidak bisa dilakukan bahkan diberhentikan, salah satunya adalah menggelar konser.

Tetapi saat ini, setelah pandemi mereda, berbagai konser musik telah diselenggarakan dengan banyak menghadirkan line up artis dalam negeri maupun luar negeri. Menghadiri acara konser musik merupakan sebuah privilege yang tidak semua orang bisa merasakannya.

Namun, pernahkan kalian merasa sedih setelah menonton konser?  Mungkin kalian mengalami Post Concert Depression

PCD atau Post Concert Depression merupakan kondisi dimana seseorang merasa hampa dan sedih setelah menghadiri dan menonton aksi panggung idolanya. Perasaan hampa dan sedih yang muncul dari orang yang mengalami PCD ini akibat adanya pemikiran bahwa pengalaman menonton konser yang menakjubkan ini tidak akan terulang kembali di masa depan. 

PCD ini merupakan jenis depresi pacsamenikmati konser yang bisa mempengaruhi keseharian seseorang di dunia nyata.

Dilansir dari ai.care.id beberapa gejala PCD diantaranya :

1. Mengalami kesedihan yang ekstrem
2. Adanya rasa rindu untuk menonton konser lain
3. Adanya rasa ingin mengulang kembali konser yang telah usai dihadiri
4. Munculnya pikiran negatif secara terus-menerus
5. Adanya rasa khawatir bahwa tidak akan ada hal yang menarik lagi
6. Adanya perasaan seolah-olah tidak ada lagi yang penting

Tahapan awal dari PCD yaitu menolak percaya atau denial bahwa konser telah berakhir dan perlu waktu untuk bisa menikmati kembali.

Tahapan kedua yaitu setelah seseorang yang mengalami PCD ini sadar bahwa konser ini telah berakhir, maka ia akan mengalami depresi seperti adanya rasa sedih dan hampa sebab dunia nyata kesehariannya tidak sama dengan keadaan konser yang dinikmatinya dan euforia konser tersebut tidak bisa dirasakan kembali.

Lalu pada tahap ketiga, mereka akan melihat video rekaman cara konser untuk bisa mengatasi perasaan sedihnya dan akan merasa lebih tenang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi PCD yang dilansir dari volkpop.co yaitu:

1. Mencari hal lain yang bisa membuat kamu senang
Hal ini dapat dilakukan dengan memulai kembali aktivitas baru atau memulai hobi lama dengan mengisi waktu luang sehingga bisa mengurangi rasa sedih.

2. Berinteraksi dengan penggemar lainnya
Berbagi cerita dan menjalin hubungan baik dengan sesama penggemar yang paham dengan apa yang kita rasakan, karena tidak semua bisa orang memahaminya

3. Membuat schedule untuk bersenang-senang
Merancang dan menyusun jadwal kegiatan yang bisa dilakukan dengan perasaan bahagia dan membangkitkan motivasi agar tidaj terjebak dalam kesedihan tersebut. 

4. Membuat kolase mengenai konser yang dinikmati
Menjadikan acara konser yang telah dinikmati tersebut sebagai kenangan dengan membuat kolase video atau foto yang mungkin bisa menjadi tanda bahwa hal tersebut telah dilewati sehingga tidak perlu bersedih terus-menerus.

**Venda Oktavioni/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles