28.6 C
Bogor
Saturday, May 11, 2024

Buy now

spot_img

Kapan Jumat Terakhir Bulan Rajab 2023 dan Bagaimana Amalannya?

Bogor | Jurnal Bogor

Bulan Rajab disebut oleh banyak orang sebagai bulan Gusti Allah karena merupakan bulan yang mulia dan istimewa. Banyak keutamaan dan keagungannya, dan bagi umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah selama bulan ini. 

Jumat terakhir bulan Rajab 2023 jatuh pada Jumat, 17 Februari 2023 (26 Rajab 1444 Hijriah). Jumat terakhir bulan Rajab menjadi waktu yang dianjurkan para ulama untuk berdoa dan memperbanyak amalan.

Dilansir dari laman NU Online, banyak amalan, doa, dan ritual lainnya diajarkan oleh para ulama di bulan Rajab. Di antaranya adalah amalan di Jumat terakhir bulan Rajab. Banyak habaib dan kiai mengijazahkan amalan ini.

Berikut Amalannya
أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh Artinya: “Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.” Amalan ini dibaca saat khatib menyampaikan khutbah kedua sebanyak 35 kali. Di antara keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun uang di tangan kita tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil.

Al-Habib Ali bin Hasan Baharun menulis keterangan dari gurunya, al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith sebagai berikut: فَائِدَةٌ لِإِبْقَاءِ الدُّرَيْهِمَاتِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ الْإِتْيَانُ بِهَذَا الذِّكْرِ خَمْس وثلاثيْن مرّة فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ “Faidah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu ‘Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh’. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil.” (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhtarah, hal. 445).

** Siti Padilah/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles