33.3 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

UPT Dukcapil Leuwisadeng Bakal Jemput Bola KTP Digital Pemilih Pemula

Leuwisadeng | Jurnal BogorĀ 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) wilayah IV Leuwisadeng, Kabupaten Bogor akan jemput bola dalam perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan digital untuk pemilih pemula yaitu para pelajar.

“Kita rencana akan sasar sekolah untuk perekaman, karena nanti pada saat pemilihan mereka punya hak pilih, itu sudah memiliki kartu penduduk,” kata Kepala UPT Dukcapil Wilayah IV Leuwisadeng, Toni Topani.

Menurut dia, hal itu dilakukan agar jelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang tidak terjadi kendala. Selain dengan perekaman dan aktivasi KTP digital, juga pembuatan akta kelahiran.

“Kita juga akan sosialisasikan KTP digital, anak-anak kan pasti punya gadget  otomatis dengan merekam sekian ribu itu langsung pasti sudah terlihat di KTP digital. Dan yang belum mempunyai akta bisa dibuatkan juga,” papar Toni.

Dia menjelaskan,  aplikasi identitas kependudukan digital tersebut cukup praktis. Para pelajar tidak perlu lama dan langsung memiliki KTP dalam bentuk digital.

“Jadi perekaman mungkin sekian detik itu sudah jadi KTP digital. KTP digital yang praktis itu bisa di download melalui Play Store,” katanya.

Dia berharap, upaya jemput bolal ke dunia pendidikan tingkat desa yang berkoordinasi dengan kecamatan untuk mencapai target 16.000 perekaman KTP.

“Saya berharap dalam program tersebut semua bisa terealisasi terekam sehingga tidak ada kendala ketika ada pesta demokrasi,” pungkasnya.Ā 

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles