34.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Market Day, SDIT Al Ikhlas Perkenalkan Wirausaha Ala Rasulullah

Bogor | Jurnal Bogor

SDIT Al Ikhlas Tamansari Persada, Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, Kota Bogor menggelar Market Day Siswa Kelas 1-5 ‘Berwirausahalah Seperti Rasulullah dengan Para Sahabat’, Kamis (09/02/2023). Market Day merupakan salah satu program kegiatan SDIT Al Ikhlas yang dirancang atau direncanakan di awal Tahun Pelajaran 2022-2023.

“Market Day tahun ini merupakan kegiatan Market Day yang kedua setelah tertunda karena Covid-19, dan Alhamdulillah dapat dilaksanakan pada hari ini,” kata Wakil Kepala Sekolah SDIT Al Ikhlas Bidang Kurkulum Yeni Rahayu, S.Pd.

Market Day dinilai penting karena ada proses pembelajaran jiwa berwirausaha dan pendidikan karakter. Siswa diberi pemahaman bagaimana Rasulullah melakukan jual-beli dengan para sahabat dan masyarakat. “Kami mengajarkan kepada anak-anak jiwa wirausaha atau entrepreneur. Dari proses ini dilatih kerjakeras, kerjasama dan terutama kejujuran,” ungkap Yeni.

Dalam teknis Market Day ini, pihak sekolah mengkonsep siswa-siswi kelas 1,2 dan 3 menjadi buyer dan seller, sedangkan siswa kelas atas, selain buyer dan seller juga sebagai produsen melakukan produksi barang-barang yang akan dijual.

“Yang dijual adalah makanan dan minuman sehat, serta ada juga asesoris. Intinya kreativitas anak dan sebelum dijual juga bagaimana agar barangnya menarik juga dilakukan packing. Anak-anak yang memperoduksi harus tahu bahan mentahnya, kemasan hingga menjualnya,” jelasnya.

Yeni kembali menegaskan sebutan Al Amin terhadap Rasulullah dari penduduk Makkah kala itu karena kejujuran yang melekat pada diri Nabi Muhammad SAW. “Dan bisa tumbuh rasa percaya diri juga,” tandasnya.

Salah satu siswi SDIT Al Ikhlas, Sabrina Mika Alana yang akrab dipanggil Shebi merespons Market Day dengan senang. Menurutnya, Market Day jadi aktivitas yang seru.

Yeni Rahayu dan Sabrina Mika Alana

“Senang jual beli, kebetulan saya jadi kasir juga harus bisa hitung cepat. Seru setiap pulang sekolah ada aktivitas bikin-bikin (makanan/minuman) dan spanduk juga. Disini (sekolah) juga berjualan menyenangkan,” ucap Shebi, juara 1 lomba cerdas cermas Brain Academy.

Menurutnya ada manfaat yang dirasakan dari proses Market Day. Dia bisa berkumpul juga dengan teman-temannya dalam pembuatan produk yang dijual. “Kita bareng-bareng dengan temen jadi (kerjasama) bikin kelompok,” ujarnya yang pada Market Day menjual Thai tea dan brownies.

** Asep Saepudin Sayyev|*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles