29.6 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Panwaslu Gelar Bimtek untuk Desa se-Kecamatan Gunung Putri 

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, menggelar pelantikan dan Bimtek Panwaslu untuk desa se-Kecamatan Gunung Putri, di Aula Kecamatan Gunung Putri, Minggu (5/2/23).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Gunung Putri Didin Wahidin, perwakilan Polsek Gunung Putri, perwakilan Koramil Gunung Putri, PPK dan PPS. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Gunung Putri, Saefulloh mengatakan, Panwaslu Kecamatan Gunung Putri melaksanakan pelantikan dan bimbingan teknik kepada Panwaslu Desa yang lulus dalam seleksi, untuk pengawas di desa-desa se-Kecamatan Gunung Putri. 

“Kemarin kita melantik 10 orang panwaslu untuk ditempatkan di setiap desa di Kecamatan Gunung Putri, selain itu juga kita memberikan pembekalan kepada mereka tentang teknik pengawas dan pelanggaran pemilu yang terjadi di setiap wilayahnya masing-masing,” ucap Saefulloh kepada Jurnal Bogor, Senin (06/02/22).

Sementara, Ramdani sebagai Divisi Penindakan dan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa menyampaikan, Panwaslu Kecamatan Gunung Putri melaksanakan pelantikan pengawas pemilu untuk tingkat desa, yang mana se-Kecamatan Gunung Putri ada 10 desa, dan satu desa ditempatkan 1 orang panwaslu. 

“Ya, setelah melalui proses dari mulai pendaftaran, seleksi, wawancara, dan administratif. Yang lolos ada 10 orang dari 28 orang yang mendaftar,” jelasnya. 

Menurutnya, tugas pokok dari panwaslu itu sendiri adalah mengawasi semua seluruh tahapan pemilihan umum serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. 

“Kami hari ini sedang merancang beberapa alat kerja untuk teman-teman PKD internal Gunung Putri, kita juga sedang memetakan potensi-potensi kerawanan konflik, dan permasalahan di Kecamatan Gunung Putri,” ujarnya.

“Yang harus diketahui terkait pelanggaran pemilu itu ada 4 diantaranya, pelanggaran administratif pemilu, pelanggaran pidana pemilu, pelanggaran kode etik pemilu, dan pelanggaran UU lainnya yang harus diperhatikan,” sambung dia.

Ditempat yang sama Camat Gunung Putri Didin Wahidin mengatakan, bawasannya di Kecamatan Gunung Putri telah dilaksanakan pelantikan pengawas Kelurahan Desa, untuk pemilu tahun 2024.

” Mudah-mudahan pengawa pemilu yang ada di Desa dan Kecamatan dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik,” singkatnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles