32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Budaya Daerah dari Sabang Sampai Merauke Sukses Meriahkan Penutupan PMM Batch 2

Bogor | Jurnal Bogor

Kegiatan pelepasan dan penutupan Pertukaran Mahasiswa Merdeka sukses digelar pada Kamis, (26/1/2023) di auditorium Prof. Abdullah Siddiq Kampus UIKA Bogor. Kegiatan berlangsung meriah dengan pertunjukkan budaya dari Sabang sampai Merauke oleh 45 mahasiswa dari 27 perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor UIKA, Endin Mujahidin mengungkapkan alasan kemeriahan PMM angkatan 2 disebabkan tingginya kuantitas mahasiswa.

“Dari segi kuantitasnya sekarang lebih banyak, lebih meriah dan juga lebih bervariasi, dari Aceh sampai Irian semuanya ikut,” ujarnya

Kemudian ketua panitia PMM, Rendi mengatakan selain kuantitas, kualitas mahasiswa juga menjadi alasan dari kemeriahan acara.

”Karena ada penampilan budaya tradisional yang diciptakan oleh teman-teman sekalian dari Sabang hingga Merauke, seperti penampilan seni tradisional dan seni kreasi mulai dari tarian, nyanyian, hingga pakaian tradisional. seperti daerah yang ditampilkan ada dari seni Aceh, Batak, Nias, Melayu/Palembang, Jambi, Papua, dan Maluku Utara. Tariannya seperti tari ratoh jaroe, tari si gale-gale, tari aster, goyang tobelo dan lain-lain. untuk lagunya ada lagu Nirmala dan lagu Nias. Tujuannya untuk menampilkan budaya daerah masing-masing, melestarikan budaya lokal dan menciptakan persatuan bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya

Lebih lanjut Rendi mengatakan kesuksesan acara tak lepas dari kerja sama yang baik.

“Pelepasan kemarin meriah karena yang utama yaitu pengisi acara seperti mempersiapkan penampilan tarian, tapi tak lupa juga itu bantuan dan sokongan dari kampus UIKA sehingga acara dapat terlaksana dengan lancar,” ujarnya.

** Maria Ulfa/ks-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles