28.8 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Ratusan Siswa Bersaing di Kesatuan Bogor Olympic & Festival 2023

Bogor | Jurnal Bogor

Ratusan siswa dari SMA/SMK/MA asal Jabodetabek, Jabar dan perwakilan daerah di Indonesia berlomba dalam Kesatuan Bogor Olympic & Festival (KBOF) 2023 yang digelar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan Bogor, Kamis (26/1/2023).

Acara yang mengusung tema “Nusantara” akan berlangsung hingga 28 Januari  sebagai wadah untuk  para siswa-siswi tingkat SMA/SMK dalam berkompetisi mengasah skill akademik dan seni yang mereka punya pada masing-masing bidang lomba yang disediakan. Diharapkan kedepannya melalui media yang ada masing-masing individu dapat memiliki communication skill, logic, group skill dan ethics yang lebih baik. Karena hal tersebutlah yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk menghadapi perkembangan zaman yang dinamis dan kompetitif.

Sementara KBOF 2023 telah resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong yang dilakukan oleh Wakil Rektor III Dr Nusa Muktiadji Ir., MM,  mewakili Rektor IBI Kesatuan Bogor Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, S.E., M.M., Ak., CA., CPA., CSFA., ASEAN CPA.

Sebelumnya Ketua Pelaksana KBOF 2023, Dr. Iswandi Sukartaatmadja, SE., MM., CIIQA dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta lomba KBOF.

“Kesiapan generasi muda Indonesia harus disertai peningkatan kualitas diri dan memerlukan media untuk menguji kompetensi diri, sebagai salah satu tolak ukur sejauh mana peningkatan kualitas yang telah dicapai oleh masing-masing individu. Disamping itu, bimbingan dan arahan terhadap generasi muda tentu dilakukan sinergis yang sangat diperlukan dalam bagian proses menuju sebuah kualitas yang unggul,” kata dia.

“Oleh karena itu, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan Bogor mengadakan kegiatan “Kesatuan Bogor Olympic dan Festival” (KBOF). KBOF IBI Kesatuan merupakan olimpiade dan festival dimana minat, bakat, serta kreativitas siswa/i SMA/MA SMK dipertandingan, sehingga dapat mengembangkan persatuan dan solidaritas antar sekolah di Kota Bogor maupun di luar Kota Bogor.”

Terdapat 7 mata lomba akademik dan 4 mata lomba non-akademik yang terdiri dari Capital Market: 10 tim, Accounting SMA: 20 tim, Accounting SMK: 24 tim, Marketing Competition: 13 tim, Cooking Competition: 10 tim, Finance and banking: 14 tim, Office Administration: 43 tim, Ambassador: 4 tim,, Festival Band: 7 tim, Dance Cover: 9 tim dan tootal peserta yang berpartisipasi: 208 tim.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Dr Nusa Muktiadji Ir., MM dalam sambutannya juga berterimakasih kepada para peserta dan panitia pendamping yang berpartisipasi dalam KBOF 2023, ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh IBI Kesatuan, namun karena pandemi di tahun 2020 dan 2021 kegiatan KBOF sempat tertunda demi mengikuti aturan PPKM dari pemerintah.

“ Tujuan dari KBOF sendiri ialah untuk melatih softskill dan hardskill bagi para siswa/i SMA/SMK/MA. IBI Kesatuan membuka transparansi untuk penilaian setiap mata lomba, yaitu dengan mengundang juri dari pihak eksternal IBI Kesatuan, agar penilaiannya bisa seobjektif mungkin,” jelasnya.

Sementara dalam hal softskill, sebagai pendidik adalah untuk melatih bertanggung jawab dan sportifitas dalam pertandingan. Sebagai pendidik, harus mendidik generasi masa depan untuk memiliki softkill yang kuat. Untuk itu KBOF memfasilitasi bagi para generasi masa depan sebagai media melatih softskill mereka.

“Selamat bertanding. Semoga menjadi pemenang, dan junjung tinggi sportivitas,” pungkasnya.

** Prast

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles