SDN Parakanmuncang 02 Juara 1 Putra dan Putri LT II Kepramukaan 

0

Nanggung | Jurnal Bogor 

SDN Parakanmuncang 02 meraih juara pertama kategori regu putra dan putri kegiatan lomba tingkat (LT) II yang digelar Gerakan Pramuka Kwarran Nanggung di Lapangan Kalongliud, Desa Kalongliud, Nanggung, Kabupaten Bogor, kemarin.

Sedangkan juara 2 regu putra kategori SD diraih SDN Sukamaju 08 dan SDN Malasari 02 juara 3. Lalu kategori regu Putri, SDN Sukamaju 08 juara 2 dan SDN Malasari 05 Juara 3. Sementara untuk, kategori SMP Regu putra MTS Cendekia Muslim juara 1, SMP Darul Fikri juara 2, SMPN 1 Atap Nanggung juara 3. Kategori putri, SMP Darul Fikri juara 1, SMP IT Cendekia Muslim juara 2 dan MTS Cendekia Muslim juara 3.

Sementara LT II diikuti ratusan peserta setelah sebanyak 69 pangkalan mengirimkan  masing-masing dua regu. Hal tersebut dilakukan untuk persiapan jelang Lomba tingkat (LT) III Kwartir Cabang Kabupaten Bogor tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada Februari mendatang.

“Ini adalah kegiatan Lomba tingkat II untuk anak -anak Pramuka golongan penggalang SD dan SMP,” kata Ketua Kwarran Nanggung Ondeng Sofwanudin. 

Ondeng menjelaskan, kegiatan tersebut adalah selain ajang silaturahmi diantara para pembina dan para anak pendidik juga ajang untuk adu pemahaman tentang keterampilan kepramukaan.

“Hari ini dihadiri sebanyak 554 orang. Hasilnya dari kegiatan lomba tingkat II nanti khususnya juara satu mereka memiliki kewajiban yang mana akan mewakili Kwarran Nanggung, untuk mengikuti lomba tingkat III Kwarcab Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ondeng menyebut, dengan berbagai macam ragam kegiatan yang sudah dilombakan di tingkat Kwarran agar para juara lebih giat berlatih. 

“Kegiatan ini meliputi lomba menyanyi, lomba yel-yel dan lomba menyambung tongkat serta lomba menafsir tinggi dan lebar, lomba membuat menara,” paparnya.

Sedangkan yang akan bertanding nanti tentunya dengan 40  kwartir ranting kecamatan. Ondeng berharap, kegiatan lomba tingkat II tersebut bisa dijadikan sebagai motivasi awal, bagi peserta didik khususnya dan umumnya para pembina untuk lebih giat lagi meningkatkan kegiatan kepramukaan di gugus depannya masing-masing.

“Jadi pola-pola pembinaan kita harus lebih diintensifkan lagi. Kepada regu yang sudah mendapatkan juara pertahankan prestasinya. Kemudian bagi yang belum mendapatkan juara agar lebih giat lagi berlatih, supaya kedepan ada event kegiatan seperti ini bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik tentunya,” tandasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here