27.9 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Jokowi Ingatkan Makna Toleransi Beragama

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul International Convention Center SICC), Desa Cipambuan, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan Rakornas yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dihadiri sebanyak 4.551 undangan dan peserta dari pemerintah pusat hingga daerah Kepala Daerah dan Forkopimda 2023. 

Dalam kesempatan tersebut, Joko Widodo menyinggung kebebasan beragama di hadapan para kepala daerah. Dia menegaskan, setiap pemeluk agama mempunyai hak yang sama dalam beribadah.

“Ini yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Konghucu, hati-hati. Ini memiliki hak yang sama dalam beribadah, memiliki hak yang sama dalam kebebasan beribadah dan beragama,” kata Jokowi dalam acara Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di SICC, Selasa (17/01/23).

Jokowi menegaskan, kebebasan beragama dan beribadah setiap warga negara dijamin UUD 1945 pasal 29 ayat 2.

“Ini harus ngerti. Dandim, Kapolres, Kapolda, Pangdam harus ngerti ini. Kajari, Kajati. Jangan sampai namanya konstitusi itu kalah oleh kesepakatan. Konstitusi tidak boleh kalah dengan kesepakatan,” ucap Jokowi .

Presiden Jokowi mengaku prihatin masih adanya larangan membangun tempat ibadah didasarkan kesepakatan segelintir kelompok.

“Jangan sampai namanya konstitusi itu kalah oleh kesepakatan. konstitusi tidak boleh kalah dengan kesepakatan. Ada rapat FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) misalnya sepakat tidak memperbolehkan membangun tempat ibadah,” tuturnya.

Rakornas diikuti oleh Gubernur, Bupati, Wali Kota se-Indonesia dan unsur-unsur Forkopimda, yaitu pimpinan DPRD, pimpinan kepolisian, pimpinan kejaksaan, dan pimpinan satuan teritorial TNI di daerah.

Turut hadir dalam pembukaan Rakornas ini, Menkominfo Johnny G Plate, Menhan Prabowo Subianto, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menhub Budi Karya Sumadi, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, MenPANRB Azwar Anas, Kepala Bappenas Soeharso Monoarfa, Gubernur BI Perrywarjio, hingga KSAD Dudung Abdurrachman.

Hadir juga Mendagri Tito Karnavian, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Panglima TNI Yudo Margono, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

** Taufik /Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles