Warga Cigudeg Minta GOM Dibangun Tahun Ini

0

Cigudeg l Jurnal Bogor 

Warga Cigudeg meminta Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) segera merencanakan pembangunan Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) tahun 2023.

Hal ini dikatakan tokoh masyarakat Desa Cigudeg  M. Mukhlis yang meminta Dispora fokus merencanakan pembangunan GOM tahun ini.

Mengingat lahan untuk GOM sudah ada. Ini dasar keinginan masyarakat karena potensi bibit olahraga di Cigudeg cukup luar biasa.

“Kami harapkan GOM di Cigudeg bisa dibangun tahun ini,” kata tokoh masyarakat Cigudeg M. Mukhlis kepada Jurnal Bogor, Senin (16/1).

“Kami mewakili masyarakat Cigudeg mengharapkan GOM bisa dibangun 2023,” tambah tokoh masyarakat lainnya Suherdi.

Alasannya, lantaran GOM di Cigudeg itu belum ada sehingga sangat mendukung GOM di Cigudeg untuk segera dibangun.

Sebelumnya Kepala Desa Cigudeg Andi Supriyadi atau yang akrab disapa Bram menerangkan hasil ekspos yang disampaikan melalui Dispora, bahwa rencana pembangunan GOM ditargetkan 2023 . Keberadaan GOM salah satu aspirasi masyarakat yang sudah tercetus beberapa tahun lalu.

Begitu juga dengan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor  Nurodin yang meminta Pemkab Bogor untuk mempercepat proses rencana pembangunan GOM di Kecamatan Cigudeg itu bisa dibangun 2023.

Pasalnya, keberadaan GOM di wilayah Bogor barat sangat langka. Dengan begitu Nurodin yang biasa disapa Jaro Peloy itu menyatakan,  sekarang ini masyarakat di wilayah Bogor barat masih memanfaatkan lapangan-lapangan  tradisional seadanya.

“Maka, rencana dibangunnya GOM di Cigudeg pada  2023  ini harus menjadi perhatian serius pemerintah,” kata Peloy 

Menurut Peloy dibangunnya  GOM atau stadion mini kedepan ini bisa muncul bakat-bakat terpendam yang kemudian bisa menjadi andalan atlet muda Kabupaten Bogor 

Salah satu agenda yang sudah masuk dalam rencana pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dispora dengan dibangunnya fasilitas olahraga di kawasan Kecamatan Cigudeg.

Bahkan rencana itu telah dikukuhkan Detail Engineering Design (DED) oleh pihak Dispora.

“Karena penyusunan DED-nya sudah dibiayai, sehingga pada pelaksanaan pembangunan GOM itu  bisa dipercepat,” papar Peloy 

Pasalnya, kalau  terlalu lama khawatir realisasi pembangunannya, ini malah tidak efektif dan juga bisa terjadi banyak perubahan di lapangan, “Mungkin saja, baik segi situasi persoalan harga yang kemudian bisa berubah,” katanya.

Dia menjelaskan, GOM di Cigudeg sangat strategis karena nanti yang menggunakan GOM tersebut kepentingannya tidak hanya orang Cigudeg itu sendiri.

“Jadi bisa dimanfaatkan juga untuk masyarakat di sekitar Bogor barat. Baik Sukajaya maupun Leuwisadeng dan Jasinga jadi masyarakat ini juga bisa memanfaatkan GOM itu,” paparnya.

Jadi kata dia, walaupun di tahun 2023 anggaran yang terjadi defisit dan banyak juga yang kemudian dikurangi, dia menginginkan pembangunan GOM di Cigudeg dipercepat.

“Mudahan-mudahan bisa ada terobosan pembangunan dipercepat di 2023 meski kondisi di 2023 itu dalam kondisi defisit. Jadi kemarin pun memang banyak didrop anggaran-anggarannya,” tegasnya.

Nurodin berharap progres yang sudah ke tahap penyusunan DED karena itu kebutuhan juga, untuk konsisten perencanaan dan tidak berubah-rubah.

“Kita lihat memang beberapa poin penting di Bogor Barat ini salah satunya adalah GOM. Kita juga berterima kasih kepada pemerintah desa yang sudah mempersiapkan lahan untuk GOM ini. Jadi apresiasi ini yang harus. Karena kebutuhan ya harus diimbangi dengan keseriusan dari pemerintah daerah,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here