32.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Jembatan Sungai Cibodas Amblas, Warga Desak Perbaikan

Jonggol | Jurnal BogorĀ 

Tingginya curah hujan dan meningkatnya debit air Sungai Cibodas membuat Jembatan Sungai Cibodas yang menjadi penghubung Kecamatan Jonggol dan Klapanunggal amblas. Jembatan yang terletak di Desa Bojong, Klapanunggal, Kabupaten Bogor tersebut kini sudah tidak bisa lagi dilintasi oleh warga dan warga harus menggunakan akses lain untuk beraktivitas. 

Warga berharap segera ada tindakan dari Pemkab Bogor untuk memperbaiki jembatan tersebut, mengingat jembatan tersebut menjadi salahsatu fasilitas penting bagi masyarakat dalam beraktivitas.

ā€œKarena kemarin hujan deras dan air Sungai Cibodas juga naik akibatnya bibir sungai dan jembatan amblas tergurus air. Karena memang jembatan ini bentuknya masih sementara saja belum jembatan permanen yang kuat menahan arus air,ā€ kata Samsul salah satu warga Bojong Klapanunggal kepada Jurnal Bogor, Senin (2/1/23).

Menurut dia, jembatan tersebut merupakan salahsatu sarana penting bagi masyarakat di Kecamatan Jonggol dan Kecamatan Klapanunggal. Pasalnya, jembatan tersebut banyak dilintasi oleh warga dari dua kecamatan yang memiliki keperluan di Jonggol atau Klapanunggal. 

ā€œJembatan ini memang jadi salah satu akses penghubung dua kecamatan, jadi banyak dilintasi oleh warga. Memang dari dahulu kondisi jembatan yang seperti itu saja, tidak pernah diperbaiki,ā€ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bojong, Adi Nurdiana mengatakan, jembatan yang melintas di atas Sungai Cibodas tersebut memang kondisinya sudah tidak layak. Jadi pada saat curah hujan dan debit air sungai naik maka tidak kuat menahan arus dan amblas. 

Menurutnya, sejak 2016 Pemerintah Desa Bojong sebenarnya sudah mengajukan ke Pemda Bogor untuk dilakukan perbaikan atau pembangunan jembatan yang layak, namun hal itu tidak pernah direspon oleh Pemkab Bogor.

ā€œDari 2016 sampai sekarang memang belum ada program perbaikan atau pembangunan jembatan ini. Walaupun pemerintah desa sudah mengajukan tapi belum direspon,ā€ bebernya.

Adi berharap, mengingat kondisi jembatan sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi, Pemkab Bogor harus segera turun tangan untuk melakukan perbaikan. Pasalnya, aktivitas warga di dua kecamatan menjadi terganggu lantaran jembatan tersebut sudah tidak bisa dilintasi.

ā€œKami sudah sampaikan ke pihak kecamatan dan Pemkab Bogor mengenai kondisi jembatan yang amblas ini. Kami berharap, dalam waktu dekat dapat segera dilakukan perbaikan,ā€ tandasnya.

** Taufik/NayĀ 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles